Siak  

ASN dan Pejabat di Pemkab Siak Dites Kemahiran Bahasa Indonesia

Sosialisasi dan uji kemaharin berbahasa Indonesia yang ditaja Balai Bahasa Riau di Siak.

LAMANRIAU.COM, SIAK  Kalangan ASN (Aparatur Sipil Negara) dan pejabat di lingkup Pemkab Siak harus dipastikan bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Baik dalam pengucapan lisan maupun dalam penulisan. Untuk itu mereka dites kemahiran berbahasa Indonesia oleh Balai Bahasa Riau (BBR).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Siak mengatakan ASN di Siak harus mampu berkomunikasi dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Apalagi mereka yang berada di pelayanan publik.

“Penting bagi ASN untuk mengikuti uji kemahiran bahasa Indonesia,” kata Jamaluddin usai membuka acara Sosialisasi dan Simulasi Uji kemahiran berbahasa Indonesia bagi ASN, kemarin.

Kegiatan yang ditaja oleh Balai Bahasa Riau ini, menurut Jamal, akan sangat membantu ASN atau pegawai dalam menulis surat dan dokumen pemerintahan. “Jadi tolong ikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Jamal.

Kegiatan sosialisasi dan uji kemahiran dalam berbahasa Indonesia itu diikuti oleh 50 peserta dari kalangan ASN. Dari acara itu dapat diukur seberapa mahir seseorang dalam ragam lisan dan tulisan melalui Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Kepala BBR yang juga penanggung jawab tes UKBI, Songgo A Siruah menjelaskan ada standar kemahiran berbahasa Indonesia yang sudah diatur dalam Permendikbud  Nomor 70 Tahun 2016.

“Jadi sudah jelas bahwa kemahiran berbahasa Indonesia ini sangat penting. Pejabat dan ASN sebagai pamong masyarakat harus menjadi contoh yang baik dalam hal ini,” tutup Songgo. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *