Awal Tahun, Polres Siak Sudah Tangkap 4 Pembakar Lahan

Polres Siak gelar ekspos penangkapan pelaku pembakar lahan di Kabupaten Siak.

LAMANRIAU.COM, SIAK  Komitmen Polres Siak dalam menangani persoalan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dapat dibuktikan. Dalam waktu 2,5 bulan saja, sudah 4 orang pelaku pembakaran lahan ditangkap.

Kapolres Siak, AKBP Doddy F Sanjaya mengatakan, 4 orang tersangka pembakar lahan ini masuk dalam 3 perkara yang sudah dalam proses.

“Kalau luas lahan terbakar dari kasus yang ditangani Polres Siak itu ada sekitar 8 hektar. Tapi kalau Karhutla secara keseluruhan belum kita rekap datanya,” kata Kapolres Siak.

Kapolres juga memuji soal aplikasi Lancang Kuning Nusantara dari Polda Riau yang baru dilaunching Kapolri belum lama ini. Dengan aplikasi tersebut, petugas di Posko Karhutla Polres Siak cepat memantau titik api.

“Dari aplikasi Lancang Kuning Nusantara, banyak hal-hal yang sifatnya menjadi kemudahan bagi kita dalam mendeteksi api dan melaporkan perkembangan terkait dengan penanganan karhutla ini,” ujarnya lagi.

Sesuai dengan harapan Kapolda Riau, Polres Siak berkomitmen menjaga Provinsi Riau ini agar tidak berasap lagi.

“Jika terjadi Karhutla, personil akan sesegera mungkin turun melakukan pemadaman dan penegakan hukum,” pungkas AKBP Doddy F Sanjaya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *