DirJen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dorong Gunakan Produk Alkes Dalam Negeri

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU   Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Engko Sosialine Magdalene mendorong gunakan Alat Kesehatan (Alkes) produk lokal dalam sambutannya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Nasional Kefarmasian dan Alat Kesehatan 2020 yang berlangsung di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (11/03/2020).

Engko Sosialine Magdalene menyebutkan catatan program pusat dan daerah dalam mendukung pembangunan kesehatan Indonesia dengan kesediaan obat dan vaksin esensial pada tahun 2019 telah mencapai 96,34 persen.

“Namun masih ada delapan provinsi yang belum mencapai target nasional untuk itu akan terus meningkatkan pengelolaan sesuai standar,” ucapnya.

Lanjut Engko meningkatnya investasi di bidang farmasi dan alat kesehatan, untuk itu sebagian bahan baku obat dapat diproduksi dalam negeri akan ditambahkan lagi bahan baku pada tahun 2021.

“Sebagian bahan baku obat kita dapat memproduksi dalam negeri, tapi bukan hanya obat saja alat kesehatan juga yang sudah memenuhi standar diproduksi di dalam negeri, untuk itu gunakanlah produk-produk baik obat dan alat kesehatan yang telah diproduksi dalam negeri,” lanjutnya.

Engko harapkan semua yang ikut serta dalam rapat berpartisipasi dan berperan aktif untuk memantau obat dan alat kesehatan yang telah disebar sudah memenuhi standar.

“Melakukan pengawasan keamanan produknya, pengawasan produk baik dari produksi hingga reproduksinya tetap diawasin sesuai standar, tapi tetap diharapkan untuk semua yang hadir rakor ini, ikut serta memantau obat dan alat kesehatan yang telah tersebar benar-benar sudah memenuhi standar,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *