Gubri Akan Jadikan Labor Perternakan Riau untuk Labor Kesehatan Corona

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan menggunakan Laboratorium Perternakan, Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan Riau untuk laboratorium kesehatan untuk meneliti pasien suspect virus corona (Covid-19).

“Kita sudah sepakati laboratorium Perternakan akan digunakan sebagai laboratorium kesehatan percepatan penanganan virus Corona di Riau,” kata Gubernur Riau, Syamsuar kepada wartawan, Minggu (22/3/2020).

Untuk membuat labor Covid-19 itu, lanjut Gubri, Pemprov Riau menunggu persetujuan Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

“Kami harap laboratorium itu mendapat kepercayaan pak Menteri untuk meneliti virus ini, sehingga bisa lebih cepat mengetahui negatif dan positifnya pasien suspect corona,” ungkapnya.

“Sekarang kita untuk mengetahui hasil pemeriksaan swab pasien suspect semua dikirim ke Jakarta. Kalau kita punya labor sendiri, tentu bisa lebih cepat mengetahui pasien suspect ini negarif atau positif.

“Makanya kita mengajukan permohonan kepada pak Menteri agar Riau diberikan kesempatan untuk mendirikan laboratorium kesehatan ini,” harapnya.

Sebab menurut Syamsuar, Riau berpotensi besar dalam penyebaran Covid-19. Hal ini disebabkan bahwa Riau berhadapan langsung dengan Malaysia.

“Jadi apa yang kami rasakan pada saat ini, kami berharap pak Menteri menyetujui labor kesehatan itu. Tentunya, kalau ada yang lebih cepat, kami akan lebih mudah melakukan percepatan penanganan pasien suspect corona,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *