Gubri Minta Bupati/Walikota Data Semua Warga Baru Pulang Dari Berbagai Daerah

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meminta agar bupati/walikota yang ada di Provinsi Riau untuk mendata semua warga yang baru pulang dari luar negeri, Jakarta atau daerah lainnya.

Jelas Gubri, data tersebut akan digunakan untuk memantau kondisi masyarakat, serta mengantisipasi penyebaran virus corona di Riau.

Gubri meminta agar petugas hendaknya mendata dengan sebaik mungkin warga yang masuk tersebut, baik itu terkait alamat warga, tinggal dimana dan data lainnya dengan tujuan mempermudah dalam proses isolasi mandiri.

“Jadi kami minta bupati/walikota untuk mendata warga kita yang baru pulang,” ujarnya, saat kunjungan ke Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru, Sabtu (28/03/20).

Syamsuar juga menerangkan, warga yang baru datang tersebut akan diisolasi secara mandiri selama 14 hari. Dimana, yang bersangkutan tidak diperbolehkan keluar rumah, kondisinya akan dipantau dan dikontrol langsung oleh petugas kesehatan.

“Otomatis yang baru pulang itu jadi Orang Dalam Pantauan (ODP), jadi langsung diisolasi,” tutur Gubri.

Tambah Gubri, jika warga yang baru datang tersebut mengalami sakit sesuai dengan gejala Covid-19, maka akan otomatis di isolasi oleh petugas.

“Makanya kami minta jangan ada yang keluar negeri dulu, atau jangan ke Jakarta dulu, lebih baik dirumah saja dulu,” katanya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *