Termasuk Zona Merah Covid-19, Pulang dari Pekanbaru Langsung Jadi ODP

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau sudah masuk sebagai zona merah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sebagai daerah terjangkit Covid-19.

“Perlu saya sampaikan kepada masyarakat bahwa Pekanbaru saat ini sudah masuk sebagai zona merah Covid-19. Karena sudah menjadi daerah terjangkit,” kata Gubernur Riau Syamsuar.

Wilayah zona merah atau daerah terjangkit Covid-19, mantan Bupati Siak ini mengingatkan masyarakat untuk semakin waspada dan meningkatkan kehati-hatian. Tidak menganggap kondisi ini biasa-biasa saja.

Sebab, sebagai daerah terjangkit, penularan Covid-19 di Pekanbaru sudah terjadi di dalam kota. Bukan dari negara atau wilayah lain yang terjangkit. Dengan kata lain, Pekanbaru sudah menjadi daerah transmisi lokal.

Karena itu pula, Syamsuar kembali mengimbau masyarakat untuk di rumah saja. Tidak keluar rumah jika tidak ada urusan yang sangat penting.

Dikatakannya juga, ditetapkan Kota Pekanbaru sebagai zona merah, maka siapapun yang berpegian dari Pekanbaru ke luar Riau, akan langsung ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) di daerah yang ditujunya.

Begitu pula orang yang baru pulang dari Pekanbaru.

“Orang yang baru pulang dari Pekanbaru akan langsung disebut sebagai orang dari daerah terjangkit dan langsung berstatus ODP,” ujarnya. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *