Indra Yovi Gelar Vidcon Dengan Rumah Sakit se-Provinsi Riau

LAMANRIAU.COM PEKANBARU – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dr Indra Yovi menggelar Video Conference pembahasan peningkatan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang begitu cepat di Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Sabtu (18/04/2020).

Saat melakukan Vidcon Indra Yovi mengatakan, sejak tanggal 3-4 Maret total PDP 317 orang di Riau. Yang mana dari 317 orang tersebut, sebanyak 139 orang sudah pulang dan dinyatakan negatif.

“Jumlah pasien yang saat ini masih di ruang isolasi ada 150, kemudian dari yang 317 pasien tersebut kita mendapatkan hasil positif 26 orang,” ujar dr Indra Yovi.

Ia mengungkapkan, dari 26 orang yang hasil positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dan sudah pulang 9 orang dan hasil negatifnya ada 134 orang.

Menurutnya, permasalahan yang terjadi adalah angka kematian yang cukup tinggi dari 317 pasien PDP. Di mana ada 28 orang PDP yang meninggal sebelum hasil swabnya keluar.

“Permasalahannya adalah begitu lamanya hasil swab keluar, karena kita masih mengirim ke Jakarta,” terangnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, sejak minggu lalu para tenaga medis di laboratorium biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah bekerja keras siang malam. Mereka, terang Indra, sudah melakukan optimasi dan kalibrasi sudah seminggu penuh dan kemarin sudah dilakukan pemeriksaan hasilnya.

Indra kemudian mengungkapkan dalam proses pengiriman ada 5000 reagen lagi sehingga nanti diharapkan dapat mempercepat masa tunggu hasil Swab pasien PDP.

“Reagen juga sudah ada di kita kurang lebih 800 reagen,” pungkasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *