Jubir Covid-19 Riau: Jangan Takut dan Jauhi Pasien Positif yang Sembuh

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Masyarakat Riau diminta untuk tidak takut atau menjauhi pasien positif maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah dinyatakan sembuh dan negatif virus Corona (Covid-19).

Permintaan demikian diutarakan Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi karena masih ada sebagian masyarakat yang menjauhi pasien sembuh Covid-19.

“Kami mendapat laporan pasien positif yang dinyatakan sembuh, bahkan pasien-pasien PDP yang negatif, mereka masih dijauhi oleh sebagian masyarakat. Menurut saya ini sangat tidak baik,” kata Indra Yopi, Sabtu (18/4/2020).

Sebab menurutnya, pasien positif yang dinyatakan sembuh lebih kuat daripada masyarakat yang belum terkena virus sama sekali.

“Sebenarnya kita lah yang lebih beresiko (terpapar virus). Karena pasien yang dinyatakan sembuh mereka memiliki kekebalan, sehingga kemungkinan besar tidak akan tertular lagi dengan virus Corona,” ujarnya.

Lebih lanjut Yovi menyampaikan, total pasien positif Covid-19 di Provinsi Riau yang sudah dinyatakan sembuh ada sebanyak 9 orang.

“Pasien positif yang sembuh sudah pulang, dan sebagian mereka masih menjalani isolasi mandiri 7-10 hari. Kemudian sebagian sudah selesai menjalani isolasi mandiri, dan sudah bisa berbaur dengan masyarakat lainnya,” terangnya.

Sedangkan PDP yang sudah sehat dan pulang ada 139 orang dari total PDP 317 orang. Sedangkan 150 PDP masih dirawat, dan 28 PDP meninggal dunia. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *