Jika Orang Riau Jalankan Protokol Kesehatan, Juni Mendatang Angka Positif Corona Menurun

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi menyebutkan jika masyarakat menjalankan aturan protokol kesehatan. Ia optimis di bulan Juni mendatang, angka positif kasus corona akan menurun.

“Jika kita mewajibkan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari berkumpul lima hingga sepuluh orang, maka kita akan selamat sampai bulan Juni atau di bulan Juni angka positif Covid-19 di Riau akan menurun,” terangnya saat melakukan Video Conferen (Vidcon) bersama kabupaten/kota se-Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (23/4/2020).

Dijelaskannya, seandainya bila masyarakat Riau menerapkan wajib memakai masker saat keluar rumah, hal itu akan mengurangi 30 persen transmisi. Karena dengan melakukan hal sekecil itu saja sudah cukup untuk mengurangi transmisi.

Sedangkan jika ditambah dengan menghindari berkumpul lebih dari lima hingga 10 orang, maka akan mengurangi sampai dengan 60 persen transmisi di Riau.

Seandainya mencuci tangan bisa dikuatkan, sambungnya, maka bisa mengurangi transmisi hingga 70 persen.

“Jika ketiga hal itu dapat kita lakukan dengan rutin maka akan menyelamatkan Riau dari penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Menurutnya, jika masyarakat tidak mulai bergerak dan sulit sadar akan pentingnya menjalankan perintah protokol kesehatan, maka corona di Riau akan berkepanjangan. Jika tetap berlanjut, ia khawatir ekonomi masyarakat akan terganggu.

“Kalau Covid-19 berlangsung lama di Riau, ekonomi masyarakat akan lumpuh dikarenakan aktivitas terhenti dan kesempatan bekerja sulit didapat,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *