Meski Pandemi Corona, Pelayanan KB di Riau Dipastikan Tetap Jalan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Riau memastikan program keluarga berencana (KB) tetap berjalan selama masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris BKKBN Perwakilan Provinsi Riau, Mery Eliya, Senin (27/4/2020).

Pihaknya tetap menjalankan percepatan quick wins pada lima program kerja utama BKKBN tahun 2020 terkait KB. Program tersebut meliputi pelayananan hingga penyediaan alat dan obat kontrasepsi.

“Kami harus tetap bisa memberikan pelayanan dan upaya kinerja dengan baik dimana Quick Wins harus tetap berjalan dengan terus memberikan pelayanan KB oleh para bidan ke masyarakat dengan tetap menjaga dan mencegah penularan Covid-19,” ujar Mery.

Dikatakan Mery, apabila program KB terhambat, maka akan menjadi masalah baru dalam masyarakat. Seperti kelahiran tak terkendali, menambah tingkat kemiskinan, serta permasalahan stunting.

Mery memastikan, pelayanan KB tetap berjalan dengan memperhatikan protokol pencegahan penyebaran virus korona. Salah satunya pengurangan kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan.

Fenomena ini tentunya berkaitan erat dengan peserta KB aktif maupun peserta KB baru yang ingin mendapatkan pelayanan keluarga berencana melalui fasilitas kesehatan setempat. Sehingga dipastikan bidan akan tetap siap untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat secara langsung.

“Bidan diberikan kewenangan untuk memberikan edukasi dan konsuling secara langsung dengan tetap memperhatikan proteksi diri ataupun melalui telepon atau WhatsApp. Makanya BKKBN telah membantu dengan memberikan APD kepada bidan-bidan yang akan melayani peserta KB itu,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *