BKKBN Lakukan Penyuluhan KB Secara Online Selama Masa Wabah Corona

Sri Wahyuni

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Di masa pandemi Covid-19 ini, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Provinsi Riau menerapkan mekanisme Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah. Hal itu sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona Covid-19.

Hal itu dikatakan oleh Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Sri Wahyuni melalui sambungan seluler, Kamis (30/4/2020). Ia mengatakan, keputusan untuk merumahkan lebih banyak pegawai ini untuk mendukung kebijakan social distancing atau pembatasan jarak dari pemerintah.

“BKKBN menerapkan kebijakan kepada karyawannya yakni 60 persen bekerja dari rumah, dan 40 persen bekerja di kantor. Hal itu dilakukan untuk mengikuti arahan dari presiden supaya social distancing. Namun ini bergilir, supaya di kantor tidak terlalu ramai, dan yang penting mengatur jarak,” ujarnya.

Menurutnya, saat sebagian pegawai bekerja di rumah, ternyata tidak mudah karena berdampak pada sejumlah pelaksanaan program kerja. Namun untuk menyiasatinya, jajaran BKKBB menggunakan virtual atau Daring saat bekerja.

Selain itu, selama musim corona ini BKKBN juga akan melanjutkan penyuluhan KB secara e-learning. Penyuluh dan kader KB yang ada sampai di dusun-dusun tetap memberikan penyuluhan ke masyarakat dengan teknologi.

Selain penyuluhan tentang KB, kader KB di dusun ini juga diminta ikut membantu pemerintah menyosialisasikan tentang pencegahan virus corona atau Covid-19.

“Penyuluhan secara daring (online) dilakukan bahkan jauh lebih efisien dibandingkan secara luring (offline) dari sisi anggaran maupun tenaga dibandingkan. Jadi kita jajaran BKKBN di Riau juga bekerja secara virtual. Seperti memberikan arahan atau instruksi kepada penyuluh dilakukan secara virtual,” tukasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *