3 Rumah Sakit di Pekanbaru Ini Mampu Tangani Pasien Positif Corona dengan Kondisi Berat

dr Indra Yovi

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Ada sebanyak tiga rumah sakit di Provinsi Riau yang mampu menangani pasien positif virus corona (Covid-19) maupun pasien dalam pengawasan (PDP) dengan kondisi berat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yopi mengatakan sejumlah rumah sakit yang berlokasi di Kota Pekanbaru, yakni Eka Hospital, Awal Bros, dan RSUD Arifin Achmad, mampu melakukan penanganan terhadap pasien positif atau PDP covid-19 yang mengalami gagal ginjal dan harus melakukan cuci darah.

“Memang sejauh ini belum didapati adanya kasus penularan dari darah, tapi kita menjaga. Sejauh ini, kita sudah siap untuk kasus-kasus berat saat pasien positif maupun PDP covid-19 mengalami gagal ginjal dan harus cuci darah,” ujar dr Yopi.

“Kalau ada pasien positif maupun PDP yang memerlukan cuci darah, kita arahkan ke tiga rumah sakit, yakni Awal Bros, Eka Hospital, dan RSUD Arifin Achmad,” tambahnya.

Dikatakan dr. Yovi, ketiga rumah sakit tersebut telah berkomitmen untuk mendukung penuh upaya penanganan covid-19 di wilayah setempat. Di mana hal itu terlihat dari kesiapan rumah sakit dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk kasus-kasus berat.

“Komitmennya sudah jelas, sudah kuat. Termasuk di Eka Hospital sendri, ICU nya ada 4,  HCU-nya ada dua. Kemarin kita sempat kesusahan karena tidak ada ventilator khusus untuk menangani pasien dengan kondisi berat. Tapi sekarang kita sudah punya walaupun tidak banyak, insyallah jumlah itu cukup untuk menangani kasus-kasus yang berat,” tuturnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *