Pemprov Riau: Inti Utama dari PSBB Adalah Disiplin Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19

dr Indra Yovi

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi mengungkapkan bahwa inti utama dari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ialah disiplin mematuhi aturan-aturan yang telah disampaikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

“Disiplin, jikalau anda diharuskan keluar dari rumah, anda wajib menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” ungkapnya saat konferensi pers di Posko Gugus Tugas Penangan Covid-19 Provinsi Riau.

Indra mengungkapkan, terkait penerapan PSBB Riau ini, Tim Gugus Tugas telah melakukan pengamatan dibeberapa kabupaten/kota, termasuk Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, dan Kota Pekanbaru.

“Dengan sistem observasi tersebut, hanya 24% masyarakat yang kita lihat menggunakan masker ketika keluar rumah. Artinya ini, sosialisasi PSBB harus ditingkatkan lagi lebih dari 75%,” ungkapnya.

Kemudian, Indra mengatakan, adanya kekhawatiran dengan kebijakan pemerintah pusat yang memperbolehkan kembalinya beroperasi beberapa moda transportasi umum baik darat, udara, dan laut.

Lanjutnya, didalam surat edaran Menteri Perhubungan menyatakan orang-orang yang bepergian harus melengkapi surat-surat tertentu. Diantaranya, memiliki surat perintah tugas atau surat dinas dari institusi. Kemudian, memiliki surat yang menyatakan keterangan dari dokter, dan ketiga, menyertakan hasil pemeriksaan rapid test atau swab.

“Dengan kondisi ini, kekhawatiran kita adanya penyalahgunaan oleh masyarakat yang memaksa untuk mudik. Ini akan menjadi suatu hal yang sangat berbahaya nantinya, jika hal ini terjadi.” pungkasnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *