Lusa, Lab Biomolekuler RSUD AA Sudah Bisa Gunakan Reagen PCR Bantuan Singapura

Mimi Yuliani

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan bantuan Reagen Polymerce Chain Reaction (PCR) dari Temasek Foudation Singapura diperkirakan tiba di Riau dalam satu atau dua hari kedepan.

Dengan demikian, pada lusa (Kamis, 21/5/2020) mendatang, bantuan tersebut diharapkan sudah bisa dimanfaatkan oleh Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad (RSUD AA) untuk pemeriksaan virus corona (Covid-19).

“Penerimaannya (bantuan reagen) di Batam, karena kapal TNI Angkatan Laut itu berhentinya di Batam, jadi kita menjemputnya ke Batam. Rencananya tanggal 19 April 2020 sudah sampai di Batam. Mudah-mudahan tanggal 20 atau 21 sudah bisa dimanfaatkan laboratorium Biomolekuler kita,” kata Mimi, Selasa (19/5/2020) di Pekanbaru.

Diterangkan Mimi, bantuan regen PCR yang dikirim Temasek tersebut, terdiri dari Fortitude Kit 2.0 dan MGIEasy Magnetic Beads Virus DNA/RNA Extraction Kit untuk lebih dari 10.000 pemeriksaan.

“Jadi kita mendapat bantuan dari Temasek Fondation Singapura dalam bentuk Reagen PCR, setara untuk lebih dari 10.000 pemeriksaan,” ujarnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *