Sikapi New Normal, LSM Peduli SDM Riau Gelar Halal Bihalal dan Diskusi Rumput Jarak Jauh

Ketum DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau Datuk Khairuddin Al-Young Riau didampingi Ketua Panitia Slamat Riady dalam acara Halal Bihalal dan Diskusi Rumput Jarak Jauh.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pasca diperbolehkannya beraktivitas kembali setelah dimulainya sosialisasi persiapan penerapan New Normal atau tatanan kehidupan baru di Riau, warga dan pemerintah daerah terus mensosialisasikan serta menjalankan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Hal itu terungkap dalam Diskusi Rumput Jarak Jauh dirangkai Halal Bihalal DPP LSM Peduli Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Riau dengan tema Menyiasati Pandemi Covid-19 Di Masa New Normal di Negeri Lancang Kuning Provinsi Riau, Sabtu (6/6/2020) di Taman Kota Pekanbaru.

“Sebagaimana diketahui bersama sesuai dengan anjuran Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 seperti senantiasa mencuci tangan, physical distancing atau menjaga jarak, dan memakai masker, pemerintah dan pemerintah daerah khususnya (melalui tim gugus tugas percepatan dan penanggulangan Covid-19 provinsi dan kabupaten/kota) tentunya tetap terus mensosialisasikan penerapan new normal dengan tetap menjalankan protokol kesehatan bagi warga,” kata Khairuddin Al-Young Riau,S.HI, M.Ag, Datuk Panglima PADAN (Pasukan Dewan Adat Nasional) Provinsi Riau sebagai pembicara utama, didampingi moderator Darwin JB.

Sosialisasi penerapan new normal itu penting dilakukan pemerintah tentunya sampai ke tingkat lurah dan kepala desa dengan melibatkan Satgas Adat Padan di kampung-kampung.

“Sebagaimana diterapkan di Provinsi Bali kerjasama Pemda dengan Satgas Adat Bali berhasil menekan bahkan tidak ada yang meninggal dunia karena Corona, padahal Bali tidak menerapkan PSBB,” ungkapnya.

Datuk Khairuddin Al-Young Riau yang juga Seniman dan Budayawan Riau ini menambahkan, penerapan new normal ini jangan dianggap enteng atau isapan jempol belaka, karena sampai saat ini di dunia belum ada satu pun negara yang sudah terkena virus Corona ini bebas 100 persen.

“New Normal adalah tahapan baru diberlakukan setelah kebijakan stay at home atau pembatasan sosial guna mencegah penyebaran massif wabah virus Corona. Jadi bukan sekedar bebas berkeluyuran. Tetapi aktivitas ekonomi atau publik diperbolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan,” tambahnya.

Selain itu, diharapkan organisasi non pemerintah juga berperan melakukan kemitraan dan pengawasan publik dan law enforcement untuk mengatasi lonjakan penderita Covid-19 khususnya di Riau hingga 12 kabupaten/kota di Riau.

Ketua panitia Halal Bihalal dan Diskusi DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau Slamat Riady didampingi Sekretaris Syaridiansah mengatakan bersyukur acara ini berjalan dengan baik dan sukses.

“Atas nama panitia, kami bersyukur dan terima kasih setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini, atas bantuan Ketum dan partisipasi seluruh pengurus DPP LSM Peduli SDM Provinsi Riau, sehingga agenda kegiatan ini berjalan dengan baik dan sukses, serta silaturahmi halal bihalal keakraban sesama anggota terjalin dengan baik di bulan Syawal 1441 Hijriah ini,” terangnya mengakhiri. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *