Terkait Covid-19 di Riau, Mimi Yuliani Rapat Vidcon Bersama Doni Monardo dan Sejumlah Menteri

Mimi Yuliani

PEKANBARU – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengikuti Video Conference (Vidcon) bersama Ketua Gugus Tugas Covid 19 Pusat, Doni Monardo serta beberapa menteri lainnya.

Dalam rapat secara virtual tersebut membahas strategi pencapaian pengujian 20.000-30.000 sampel Polymerase Chain Reaction (PCR) dan strategi pada zona kuning atau kerawanan rendah, telah berlangsung di Ruang Riau Command Center (RCC), Sabtu (06/06/2020).

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) atau Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro menyatakan ada dua target utama terkait pelaksanaan pencapaian pengujian 20.000 hingga 30.000 sampel PCR perharinya.

“Pertama yaitu mengejar pemeriksaan sampel 20.000 itu sendiri dan yang kedua waktu antara penerimaan sampel sampai pelaporan hasil,” ungkap Menristek.

Pencapaian dua target, Menteri Bambang Brodjonegoro mengungkapkan ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu meningkatkan produktivitas terutama laboratorium, terutama untuk daerah yang masih banyak terinfeksi Covid 19.

“Seperti kita membantu meningkatkan laboratorium yang telah memiliki mesin PCR yang biasa kita ganti mesinnya dengan mesin ektraksi sehingga bisa meningkatkan pemeriksaan sampel PCR perharinya,” tuturnya.

Ditambahkan Menristek Bambang Brodjonegoro, jika mesin PCR dengan kapasitas yang besar sehingga bisa menerima sampel PCR dengan jumlah yang banyak ini juga tentunya bentuk pencapaian pengujian 20.000 sampel PCR.

“Selanjutnya yang mengoptimalkan laboratorium, lebih meningkatkan laboratorium sehingga kita tahu kapasitas pemeriksaan sampel perharinya,” katanya

Terakhir, Menteri Bambang Brodjonegoro mengatakan, tentunya diperlukan kesiapan anggaran dan reagennya itu sendiri sehingga pencapaian 20.000 sampel PCR ini dapat terlaksana. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *