Sekdaprov Riau Ikuti Webinar Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya mengikuti web seminar (webinar) tentang kesiapan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Ruang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau, Rabu (9/6/2020).

Webinar yang yang digagas Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) merupakan webinar series ketiga yang bertemakan “Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020”.

Adapun hadir sebagai narasumber, yaitu Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Ardian, Anggota KPU-RI Pramono, dan Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendagri, Agus Fatoni.

Ia mengatakan, bahwa webinar kali ini bertujuan untuk mengidentidikasi isu yang berkenaan dengan kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang harus ditunda akibat pandemi Covid-19.

Indonesia, lanjutnya, harus menunda pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 mengingat masa pandemi belum selesai ditanah air. Pilkada yang semula dijadwalkan 23 September 2020 harus ditunda menjadi tanggal 9 Desember 2020.

“Penundaan ini bukanlah dilakukan oleh Indonesia sendiri, namum ada beberapa negara lain juga melakukan hal yang sama. Diantaranya Kanada, Ceko, Argentina, Jerman, Bolivia, dan Bosnia,” terangnya.

Untuk Indonesia sendiri, lanjut Fatoni, akan diikuti 270 daerah dengan rincian 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota.

“Dalam Pilkada nanti kita harapkan pelaksanaannya tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *