BMKG Prediksi Hampir Seluruh Wilayah di Riau Berpotensi Hujan Hari Ini

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG cuaca di Provinsi Riau pada Jumat, 12 Juni 2020 akan cerah berawan dan berpotensi hujan mulai pagi hingga dinihari nanti.

“Pagi ini berpotensi hujan dengan intensitas ringan tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kampar,” kata Yudhi di Pekanbaru, Jumat pagi.

Lalu, siang hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kampar dan Bengkalis.

“Hingga pada sore dan malam harinya, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di hampir sebagian besar wilayah Riau,” ujarnya.

Namun, pada dini hari nanti, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di sebagian Siak, Kepulauan Meranti dan Bengkalis.

“Sedangkan, prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 meter hingga 1.25 meter,” tukasnya.

Kemudian, jumlah titik panas atau hotspot di Pulau Sumatera yang terupdate pada pukul 06.00 WIB, Jumat (12/6/2020) pagi, ada sebanyak 82 hotspot.

82 hotspot di Sumatera tersebut tersebar di sembilan provinsi. Yakni, Provinsi Sumatera Selatan 23 hotspot, Riau 15 hotspot, Jambi 11 hotspot, Bangka Belitung 9 hotspot, Bengkulu 8 hotspot, Sumatera Utara 7 hotspot, Sumatera Barat 4 hotspot, Lampung 3 hotspot, dan Aceh 2 hotspot.

“Khusus untuk di Riau, ada 15 hotspot yang terdeteksi pagi tadi. Ini tersebar di enam kabupaten, yaitu Siak empat hotspot, Kampar dan Kuantan Singingi (Kuansing) masing-masing tiga hotspot, Bengkalis dan Indragiri Hulu (Inhu) dua hotspot, dan Pelalawan satu hotspot,” kata Yudhi di Pekanbaru, Jumat pagi.

Adapun 15 hotspot ini, kata Yudhi, 14 diantaranya berada di level confidence antara 30-79 persen atau di level sedang.

Sedangkan, satu hotspot lagi berada di level confidence antara 0-29 persen atau di level rendah.

“Baru bisa diduga kuat sebagai titik api apabila berada di level confidence tinggi,” ujarnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *