Sukses Tangani Karhutla, Jokowi Minta Daerah Lain Contoh Riau

jokowi karhutla riau
Edwar Sanger

LAMANRIAU.COM,PEKANBARU Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau. Sebab, Satgas Karhutla Riau mampu melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla dengan baik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Selasa 23 Juni 2020 mengatakan, apresiasi tersebut sampaikan langsung oleh Presiden Jokowi saat menggelar rapat terbatas dengan kementerian dan lembaga terkait d i Jakarta.

Baca : Antisipasi Karhutla Tetap Jadi Prioritas di Tengah Pandemi Corona

Rapat tersebut membahas terkait pencegahan penanganan Karhutla di Indonesia. “Iya, tadi pak presiden rapat terbatas dengan kementerian membahas soal Karhutla. Tapi itu rapatnya terbatas untuk kementerian saja,” katanya.

Edwar mengungkapkan, dalam rapat tersebut ada sejumlah poin yang ditekankan oleh presiden terkait penanganan Karhutla. Dalam rapat tersebut, Jokowi bahkan secara spesifik sempat menyinggung keberhasilan Riau dalam mencegah Karhutla yakni dengan melakukan terobosan melalui teknologi Dashboard Nusantara yang digagas oleh Polda Riau.

“Pak presiden memberikan apresiasi kepada kita, karena dianggap berhasil melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla. Salah satunya adalah dengan adanya sistem Dashboard Nusantara,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut presiden mengungkapkan, update informasi ini sangat penting. Manfaatkan teknologi untuk peningkatan monitoring dan pengawasan dengan sistem dashboard.

Presiden memberikan apresiasi kepada jajaran Polda Riau yang memberikan contoh pengawasan dengan sistem dashboard. Dengan sistem tersebut, dapat langsung menggambarkan situasi di lapangan secara terinci dan mendetail.

“Saya lihat di Riau. Polda Riau, saya kira sangat bagus memberikan contoh. Dan saya melihat langsung dashboard itu bisa menggambarkan situasi di lapangan secara terinci dan detail,” ujar Presiden RI, Jokowi dalam rapat tersebut. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *