Gugus Tugas Riau Lakukan Tes Swab 25 Penumpang Lion Air

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau melakukan tracing kontak terhadap seorang penumpang Lion Air yang dinyatakan positif virus corona. Sebanyak 25 orang penumpang yang terbang bersama pasien inisial ES (56) itu dilakukan tes swab.

Ke-25 penumpang itu duduk berdekatan dengan pasien asal Kabupaten Rokan Hulu itu, pada Minggu 5 Juli 2020 lalu.

“Penumpang maskapai penerbangan Lion Air yang berangkat dari Pekanbaru menuju Jakarta dan satu pesawat dengan pasien Positif Covid-19 pria inisial ES (56) akan dilakukan uji swab,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Rabu 8 Juli 2020.

Mimi menyebutkan, hal itu untuk menelusuri, apakah orang di sekitaran pasien ES positif Covid-19 atau negatif. Mimi juga berkoordinasi dengan pihak Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II.

Bukan hanya penumpang pesawat Lion Air, Gugus Tugas Covid-19 Riau juga menginstruksikan Angkasa Pura untuk melakukan hal yang sama terhadap petugas bandara seperti penjaga dan pramugari serta siapa saja yang melakukan kontak terhadap pasien tersebut di bandara itu.

“Sudah diminta ke pihak bandara juga untuk dilakukan tracing ke mana saja dengan siapa melakukan kontak. Kan bisa dicek di CCTV, kemana dan dengan siapa pasien ES,” kata Mimi.

Pasien ES, saat ini sudah dirawat dan di salah satu Puskemas di DKI Jakarta. Keluarga ES di Jakarta juga sudah dilakukan tracing, terutama yang ada kontak erat. (MRC)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *