Lima Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pandemi Covid-19 yang tengah melanda hampir seluruh dunia tentunya membawa perubahan signifikan bagi kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan masyarakat Indonesia yang tengah menjalani kondisi baru atau New Normal di tengah pandemi ini, yang menyangkut semua kegiatan di luar rumah kembali dilakukan.

New Normal atau kondisi baru yang secara bertahap memperbolehkan kegiatan di luar rumah membawa kekhawatiran tersendiri. Kekhawatiran masyarakat berakar dari wabah Covid-19 di Indonesia yang sampai sejauh ini masih juga belum mereda. Apalagi dalam sebulan ini, angka kasus Covid-19 terus menanjak naik, termasuk di daerah kita di Provinsi Riau.

Dengan menghadapi New Normal dalam keadaan pandemi yang masih belum mereda, Anda diharuskan menjaga kesehatan tubuh serta tetap melakukan social distancing hingga Covid-19 benar-benar menghilang dan kondisi kembali seperti semula.

Olahraga Rutin di Rumah

Covid-19 bisa menyerang siapa saja. Supaya Anda tidak mudah terjangkit, pastikan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah tidak menghilangkan kebiasaan olahraga meski berada di tengah pandemi. Kamu

Anda tidak harus berolahraga tiap hari. Berolahragalah minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per sesi. Walaupun New Normal sudah mulai membolehkan Anda menjalankan aktivitas di luar, sebaiknya tetap lakukan olahraga di rumah untuk meminimalisir bertemu banyak orang, sehingga mengurangi risiko tertular virus.

Anda masih bisa lari di rumah menggunakan treadmill atau angkat beban dengan dumbell, atau lari mengelilingi pekarangan rumah. Anda juga perlu memakai sepatu olahraga favorit selama berolahraga untuk membangkitkan semangat dan terhindar dari cidera.

Selain lari dan angkat beban, Anda bisa melakukan olahraga senam, yoga, atau pilates. Anda bisa mengikuti video di youtube atau mengikuti kelas olahraga online yang banyak ditawarkan oleh instruktur.

Olahraga selain untuk kesehatan dan kebugaran, juga bisa menjadi refreshing dan terapi agar tubuh tidak kaku setelah lama bekerja. Anda hanya perlu menyiapkan matras yoga yang sesuai serta pakaian olahraga yang nyaman lalu mengikuti instruktur yoga lewat layar laptop.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Perlu Anda ketahui bahwa 80 persen sel imun ada di saluran pencernaan (menurut penelitian yang dilansir US National Library of Medicine). Hal tersebut memberi makna bahwa konsumsi makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi Anda tercukupi, bisa Anda lakukan dengan memasak makanan sehat sendiri. Makanan yang akan dikonsumsi tentu harus memenuhi gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Selain itu, Anda juga harus memastikan kebutuhan serat tercukupi dengan mengonsumsi sayur dan buah. Jika dirasa konsumsi makanan bergizi belum mencukupi kebutuhan gizi Anda, bisa dibantu dengan mengonsumsi suplemen penambah daya tahan tubuh untuk menunjang aktivitas di luar rumah.

Meluangkan Waktu

Pemberlakuan new normal dapat menuntut Anda untuk kembali menjalankan aktivitas, meski di tengah pandemi yang mungkin bisa membuat stres. Stres akan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga dapat menyebabkan sakit. Sehingga memastikan mental atau rohani Anda tetap sehat  perlu dilakukan.

Untuk mengurangi stres, bisa Anda lakukan dengan mengalokasikan sedikit waktu untuk me time. Me time tidak harus keluar rumah atau pergi ke suatu tempat. Anda tetap bisa me time di rumah dengan melakukan hal-hal yang membuat senang.

Anda bisa me time dengan mendengarkan musik relaksasi, membaca buku, menyanyi, menggambar, menonton, hingga memasak. Anda juga bisa menyalakan lilin aromaterapi atau hal – hal lainnya yang bisa membuat Anda tambah rileks.

Selalu Jaga Kebersihan

Supaya Anda tidak mudah terserang virus maupun jatuh sakit selama new normal, tetaplah jaga kebersihan terutama saat beraktivitas di luar. Usahakan ketika mandi menggunakan sabun anti-bakteri, karena kandungan anti-septiknya dapat memberikan perlindungan dari kuman penyebab penyakit.

Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Selain itu, jagalah selalu kebersihan tangan Anda saat beraktivitas di luar dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun anti-bakteri. Atau Anda dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen dan moisturizer agar tangan tetap bersih dan lembab.

Anda juga perlu memerhatikan kebersihan benda-benda di sekitar. Caranya bisa Anda lakukan dengan menyemprotkan cairan antiseptik pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keran air, atau saklar lampu.

Patuhi Protokol Kesehatan

Meskipun Anda secara bertahap mulai diperbolehkan beraktivitas di luar rumah, Anda tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Selain mengenakan masker dan sering membersihkan tangan, Anda harus tetap menjaga jarak aman dengan sesama.

Pandemi Covid-19 ini memang besar pengaruhnya bagi keseharian Anda. Meskipun berangsur-angsur pulih dengan diterapkannya new normal, Anda tetap harus mematuhi protokol dan menjaga kesehatan. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kehidupan normal Anda segera kembali. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *