Riau  

Gubernur Riau Panen Jagung di Kebun RA Kopi Aren

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si melakukan panen jagung perdana kawasan agrowisata RA Kopi Aren, Kelurahan Palas, Rumbai, Pekanbaru, Senin 19 Oktober 2020. Jagung panen perdana ini merupakan benih yang ditanam sendiri oleh Gubernur tiga bulan lalu.

Baca : Ekspor Cangkang Sawit Riau Mulai Bergairah

Dalam panen perdana tersebut, Gubernur bersama Ketua Santri Tani Indonesia (Santani) Rusli Ahmad dan Bendahara Umum Santani Alexander Pranoto. Tampàk hadir Kadis Pertanian Riau Syahfahlevi, Ketua Komisi Informasi Riau Zufra Irwan. Turut pula, Ketua SMSI Novrizon Burman, Sekjen DPP Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) Satria Utama, serta Mantan Ketua PWI Riau Dheni Kurnia.

Ketua DPP Santani Rusli Ahmad mengatakan, panen jagung ini menjadi pembuktian potensi pertanian Riau sangat besar. Hal ini hendaknya dapat memotivasi seluruh masyarakat Riau untuk memanfaatkan lahan tidur untuk menanam tanaman pangan.

“Tiga bulan lalu Pak Gubernur menanam benih jagung ini, dan hari ini sama-sama kita saksikan Pak Gubernur langsung memanennya. Ini membuktikan lahan Riau subur dan mudah untuk menanam. Jadi tidak ada alasan untuk kita takut mengembangkan usaha pertanian,” ujarnya.

Rusli Ahmad juga mengajak pemerintah daerah bersinergi dengan kelompok tani dan ormas untuk mengembangkan sektor tanaman pangan> Hal ini agar Riau dapat menjadi daerah swasembada pangan.

Gubernur Riau, Syamsuar mengapresiasi upaya DPP Santani menggelorakan semangat bertani kepada berbagai lapisan masyarakat. Upaya tersebut, menurutnya, sangat strategis saat dunia dalam bayang-bayang pandemi Covid-19.

“Saya mengimbau masyarakat Riau, mari manfaatkan lahan yang ada menanam tanaman pangan, baik itu padi, jagung atau umbi-umbian. Kita berharap dengan semangat dan tekad bersama mengembangkan sektor pertanian, maka kelak kita akan dapat swasembada pangan,” harapnya.

Usai memanen jagung, Gubernur Riau bersama rombongan melanjutkan pertemuan dengan ramah tamah sambil berdiskusi mengenai masalah pertanian sambil menikmati jagung rebus hasil panen tersebut.**

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *