Agar Tanaman Buah dalam Pot Cepat Berbuah

LAMANRIAU.COM – Tanaman buah dalam pot adalah solusi terbaik bagi yang ingin membudidayakan buah namun kekurangan lahan. Tapi bagaimana cara agar tanaman buah dalam pot tersebut cepat berbuah?

Baca : Bercocok Tanam di Rumah, Ini Lima Tanaman yang Mudah Tumbuh

Tanaman tidak berbuah, daun gugur, hingga tanaman mati adalah beberapa kendala yang sering terjadi oleh pembudidaya tanaman buah dalam pot. Akan tetapi, kamu tak perlu khawatir karena semua masalah tersebut bisa teratasi dengan cara ini.

Ada berbagai penyebab yang harus kamu ketahui :

Kontrol jumlah air

Ketika menanam tanaman buah dalam pot, bukan berarti kamu harus berlebihan dalam melakukan penyiramannya. Msalnya saja untuk tanaman buah mangga dan jambu air, cukup melakukan penyiraman dua kali seminggu saat baru tanam.

Jika melakukan penyiraman secara berlebihan tentu saja dapat menghambat rangsangan untuk menghasilkan bunga, justru hanya daunnya yang semakin lebat. Jangan lupa juga, awal penananam pastikan terpapar sinar matahari untuk mempercepat proses fotosintesis.

Ketika musim panas, kamu bisa menambahkan durasi penyiraman, misalnya menjadi setiap hari. Tapi hindari menyiram daunnya saat pagi hari karena membuat proses fotosintesis terganggu.

Kurangi Daunnya dengan Pemangkasan

Tanaman yang memiliki daun cukup lebat ternyata juga tidak bagus, karena akan membuat tanaman tersebut menjadi stress. Jika tanaman stress, tentu akan merangsang pertumbuhan bunganya. Untuk mengatasinya, buatlah goresan pada batangnya dan singkirkan daun-daun yang sudah tua serta kering sehingga hanya bagian daun mudanya yang masih tersisa.

Tambahkan Pupuk Kandang

Asupa mineral dari pupuk kandang juga penting untuk pertumbuhan tanaman buah. Karena asupan ini akan membuat tanaman menjadi tumbuh dengan subur dan menghasilkan tunas.

Masa pemanenan

Gimana, sudah tidak sabar untuk mencoba hasil tanaman sendiri? Nah, pada tahapan terakhir, kamu harus berhati-hati agar hasil panen tidak rusak dan kualitasnya dapat bertahan lama. Ingat, petiklah buah sesuai dengan masa tanamnya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *