Bercocok Tanam di Rumah, Ini Lima Tanaman yang Mudah Tumbuh

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pandemi corona yang belum berhenti membuat masa karantina diperpanjang. Ingin mengisi waktu dengan hal yang bermanfaat? Kenapa tidak di coba dengan bercocok tanam? Kegiatan ini dapat membunuh waktu lengang sekaligus menjadi cara yang bagus membantu lingkungan, lho. 

Agar lebih bersemangat, coba mulai dengan menanam bahan makanan seperti sayuran. Pasti kamu dengan senang hati merawatnya dan tidak sabar untuk menunggunya panen. Dilansir dari berbagai sumber, ini beberapa tanaman sayuran yang mudah tumbuh di rumah.

1. Kentang

Untuk kamu yang ingin mengurangi konsumsi nasi, kamu bisa mencoba menanam kentang. Pada dasarnya, kentang ideal tumbuh di dataran tinggi. Namun, nggak ada salahnya untuk mencoba dengan mengikuti kondisi yang disukai kentang. 

Lokasi yang memungkinkan kentang untuk tumbuh adalah yang mendapat sinar matahari selama minimal 8 jam sehari. Seperti halnya diri kita, tanaman kentang butuh perawatan dan perhatian yang intensif selama proses pertumbuhannya.

2. Bayam

Ciri dari tanaman kentang yang siap panen adalah tanamannya mulai layu dan mati. Idealnya saat berumur 3 sampai 4 bulan. Setelah dipanen, jangan langsung mencuci kentang. Cukup bersihkan umbi dari tanah dan masukkan ke dalam karung.

Bayam nggak membutuhkan waktu lama untuk tumbuh, hanya sekitar 4-5 minggu kamu sudah bisa langsung memanennya. Awal masa tanam yang baik adalah pada saat musim hujan, agar bayam mendapat ketersediaan air yang cukup.

Tebar biji bayam dalam tanah dan sirami secara rutin. Dalam 30 hari, kamu langsung bisa memanen daun bayam yang segar langsung dari kebun rumahanmu. 

3. Selada

Selada menjadi tanaman yang paling mudah ditanam. Kebalikan dari tanaman kentang, selada menyukai tanah yang lembap. Biji selada tidak menyukai media semai yang panas.

Dalam proses pertumbuhannya, siram selada dengan hati-hati karena daunnya yang rapuh. Jika diperlukan gunakan sprayer. 

4. Daun bawang

Sayuran yang satu ini sangat serbaguna dan dapat tumbuh pada iklim apa saja. Bagi kamu yang punya halaman luas, kecil, atau hanya memiliki jendela dengan sinar matahari cerah, kamu tetap bisa menanam daun bawang ini, lho.

Jika ingin daun bawang tumbuh baik, pastikan untuk menyiramnya secara teratur dan beri jarak antar tanaman sekitar 6-9 cm terpisah,ya. 

5. Kacang polong

Kacang polong merupakan salah satu tanaman yang dapat ditanam di tempat dengan iklim yang berbeda-beda. Asal cuacanya sejuk dan banyak sinar matahari, tanaman polong akan tumbuh dengan baik.

Namun dengan cuaca di Indonesia yang sedang nggak menentu, menanamnya di dalam ruangan terlebih dahulu sebelum akhirnya dipindahkan ke luar akan menjadi pilihan yang baik.

Tebarkan langsung di tanah dan sirami dengan rajin. Seiring dengan tanaman yang tumbuh semakin tinggi, kamu harus memasang pancang pada tanaman. Agar batangnya dapat tersokong dengan baik.

Kacang polong dapat memproduksi gas nitrogen, sehingga pupuk tidak diperlukan dalam proses pertumbuhannya. Tunggu 2-3 bulan kemudian kamu baru bisa menikmati kacang polong yang segar. 

Nah, itu dia sayuran yang bisa kamu coba tanam di rumah. Selamat mencoba! Stay healty and be active. (BLA)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *