Budidaya Aren, Pohon dengan Untung Menggiurkan

pohon aren

LAMANRIAU.COM – Pohon aren bisa perbanyak dengan cara generatif (menggunakan bijinya). Dengan cara generatifi maka akan memperoleh bibit tanaman dalam jumlah yang besar. Sehingga nantinya akan mudah untuk melakukan budidaya aren skala besar.

Baca : Agar Tanaman Buah dalam Pot Cepat Berbuah

Langkah yang harus perhatikan dalam memilih biji aren sebagai benih adalah sebagai berikut:

Benih atau biji untuk budidaya aren berasal dari pohon aren yang sehat dan berdaun lebat. Pastikan buah aren masak benar, dengan ciri warna buahnya yang kuning kecoklatan dan daging buahnya lunak. Buahnya berukuran besar dan kulit buah halus.

Keluarkan biji aren yang telah kamu kumpulkan dengan cara membelahnya. Biji yang baik mempunyai ciri yaitu ukurannya besar, warnanya hitam kecoklatan, permukaannya halus dan biji tidak terserang penyakit.

Pembibitan

Pembibitan pada budidaya aren dengan 2 cara, yaitu dengan bantuan permudaan alam dan dari persemaian biji.

Cara permudaan alam atau bantuan alam oleh hewan musang. Musang akan memakan buah aren dan bijinya. Biji aren akan keluar utuh bersama dengan kotoran musang. Bibit-bibit akan tumbuh secara acak dan berkelompok.

Untuk menanamnya atau memindahkan tanaman aren yang tumbuh alami, dapat mencabut beserta tanah-tanahnya. Bibit dapat langsung tanam atau mendiamkannya terlebih dahulu dengan memasukkan bibit ke dalam polybag selama kurang lebih 2 minggu.

Persemaian benih

Proses penyemaian biji aren bisa berlangsung lama. Untuk mempercepatnya, dapat memberikan perlakuan dengan cara merendam biji ke dalam larutan HCL dengan kepekatan 95 %. Rendam selama 15-25 menit.

Selain menggunakan HCL, juga dapat merendam biji dalam air panas dengan suhu 50 derajat celcius selama kurang lebih 3 menit.

Untuk media persemaian bisa menggunakan polybag dengan ukuran 20×25 cm yang telah diisi dengan kompos, pasir dan tanah. Gunakan perbandingan 3:1:1. Beri lubang secukupnya pada polybag agar drainase berjalan lancar.

Masukkan biji yang telah mengalami perlakukan ke dalam polybag. Tanam sekitar ¾ bagian biji ke bawah permukaan tanah. Pastikan lembaga menghadap ke bawah dengan posisi sedikit miring.

Untuk mendapatkan bibit yang siap tanam pada budidaya aren, biasanya butuh waktu persemaian sekitar 12-15 bulan. Adapun perawatan yang harus lakukan pada persemaian adalah dengan melakukan penyiraman.

Penyiraman dilakukan 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari. Lakukan juga penyiangan dengan mencabut tanaman pengganggu. Jika ada gejala serangan hama dan penyakit maka segera lakukan penanggulangan.

Proses Penanaman

Teknik penanaman aren dapat berlangsung dengan menggunakan sistem monokultur dan sistem tumpangsari. Pada sistem monokultur, terlebih dahulu lakukan pembersihan lapangan dari tanaman pengganggu dan lakukan pengolahan tanah dengan cara bajak atau cangkul. Setelah itu buatlah lubang tanam dengan ukutan 30×30 x30 cm dan jarak antara lubang sekitar 5×5 cm.

Untuk mempercepat pertumbuhan, tambahkan campuran tanah, pupuk kandang, urea dan TSP pada lubang tanam sekitar 5 hari setelah menyiapkan lubang tanam. Bibit yang baru tanam sebaiknya diberikan naungan.

Sistem tumpang sari pada budidaya aren dapat juga lakukan dengan menanam pada bagian lahan yang terbuka yaitu antara kedua tanaman pokok dengan menanam tanaman penutup tanah seperti leguminose atau palawija.

Memelihara Tanaman Aren

Agar budidaya aren dapat menghasilkan dengan baik, maka perlu proses pemeliharaan yang cukup. Pemeliharaan tanaman aren meliputi antara lain:

Pengendalian hama dan penyakit. Hama yang sering menyerang tanaman aren adalah kumbang badak, kumbang sagu, belalang, kelelawar dan musang. Untuk mengendalikan serangan hama tersebut ada dua langkah yang bisa cara mekanis dan kimiawi.

Cara mekanis misalnya dengaan cara menebang dan membakar pohon aren yang terserang hama. Sedangkan cara kimiawi adalah menyemprotkan pestisida tertentu seperti Heptachlor 10 gram, BHC dan Diazonin 10 gram.

Untuk jenis penyakit yang sering menyerang pohon aren pada lahan persemaian adalah penyakit bercak kuning pada daun. Serangan ini sebabnya oleh Pestalotia sp dan Helmiathosporus sp.

Untuk menanggulangi penyakit ini pada budidaya aren maka lakukan penyemprotan dengan fungisida Dithane N-45 dan Delsene NX.

Pemungutan Hasil Tanaman Aren

Hampir semua bagian tanaman aren dapat bermanfaat atau dapat menghasilkan nilai ekonomi. Adapun berbagai jenis produk dari pohon aren adalah batang aren yang dapat digunakan sebagai bahan bagunan, nira aren sebagai bahan baku gula merah, cuka dan tuak, kolang kaling yang dihasilkan dari buah pohon aren dan masih banyak lainnya. ***

sumber : cybex.pertanian.go.id

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *