4 Manfaat Kopi Selain untuk Diminum

kopi

LAMANRIAU.COM – Belakangan ini warung kopi menjadi tren masyarakat Pekanbaru, duduk bercanda dengan teman-teman. Menikmati kopi biasanya lebih sering dengan cara menyeruput sambil menikmati menu kuliner. Padahal selain untuk konsumsi, kopi memiliki manfaat lain bagi tubuh.

Baca : Kopi dan Teh Indonesia Makin Diminati Pasar Thailand

Ingin tahu apa saja manfaat lain dari kopi? Simak informasi berikut.

Masker wajah

Bubuk kopi biasa bisa berguna sebagai masker untuk mengatasi berbagai masalah wajah. Kulit tentu rutin melakukan regenerasi mengganti yang lama dengan kulit baru. Bila sisa-sisa kulit mati tidak bersih dan terbiar menumpuk, maka dapat membuat muka menjadi kusam. Masker kopi mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Selain itu, masker berbahan kopi juga sangat mujarab menghaluskan kulit wajah, menyamarkan bekas jerawat dan lingkaran hitam bawah mata, serta mencegah penuaan dini.

Pengharum

Kopi yang memiliki wangi sangat khas dan kuat. Hal ini membuat beberapa orang memanfaatkan sebagai pengharum ruangan atau tempat-tempat pengap. Contohnya, kulkas yang berbau tidak sedap ataupun ruangan yang memerlukan aroma segar.

Untuk memanfaatkan sebagai pengharum, hanya memerlukan kopi dan kain. Kamu tinggal memasukkan kopi berbentuk biji atau bubuk ke dalam kain, lalu letakkan bungkusan tersebut ke tempat yang kamu inginkan.

Perawatan rambut

Kandungan kafein dalam kopi selama ini dianggap sebagai musuh bagi kesehatan manusia bila terlalu sering konsumsi sebagai minuman. Namun, kafein ternyata dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup mengoleskan ke rambut dan kulit kepala secara rutin.

Selain kafein, kandungan flavonoid dalam kopi juga bermanfaat karena mampu mendorong regenerasi rambut sehingga mencegah kebotakan dan membuat rambut lebih kuat. Bahkan, penggunaan kopi bisa mengurangi kadar kusam sehingga membuat rambut lembut dan berkilau.

Anti selulit

Selulit merupakan kondisi kulit yang bergumpal dan biasanya muncul sekitar daerah perut, bokong dan paha. Gumpalan ini akibat penumpukan sel lemak pada jaringan bawah epidermis kulit.

Kafein yang bermanfaat bagi rambut ternyata bermanfaat pula untuk mengurangi selulit ini. Kafein akan melebarkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah bawah kulit, serta meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Untuk memanfaatkannya, kamu bisa menggunakan bubuk kopi sebagai scrub oles pada bagian tubuh yang memiliki selulit. Sebelum mengolesnya, jangan lupa campurkan bubuk dengan minyak zaitun atau air. Tunggu 15 menit, bilas hingga bersih. (AKN)

 

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *