Penderita Asam Lambung Hindar Dari 4 Hal Berikut

Asam Lambung

LAMANRIAU.COM – Permasalahan maag kerap dialami oleh orang-orang yang hobi menunda makan. Sehingga mengakibatkan perut terasa sakit akibat naiknya asam lambung. Jika kamu adalah penderita, tentu tidak menginginkan gejala asam lambung naik, memicu munculnya maag.

Baca : Asam Lambung Kumat, Lima Makanan Ini Layak Dikonsumsi Kurangi Nyeri

Oleh karena itu, kamu yang memiliki maag dituntut untuk tidak sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Selain memperhatikan pilihan makanan dan minuman yang boleh konsumsi, ada beberapa pantangan yang harus kamu hindari. Berikut kupasan hellosehat.com, cobalah untuk menghindari pantangan berikut ini.

Makanan berlemak

Menghindari makanan berlemak mencegah agar asam tak naik. Menurut hasil penelitian, makanan yang mengandung lemak tinggi dapat membuat otot pada katup kerongkongan (esofagus) bagian bawah melemah. Hal ini biasanya akan memunculkan gejala berupa nyeri pada dada seperti terbakar.

Selain itu, makanan berlemak tinggi dapat merangsang lepasnya hormon cholecystokinin. Hormon ini bisa memicu mengendurnya katup kerongkongan. Sehingga makanan yang mengandung lemak tinggi biasanya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Hal ini bisa mengakibatkan pengosongan lambung berjalan lebih lambat dan memicu produksi asam berlebih.

Coklat

Coklat memang terasa lezat untuk konsumsi. Namun makanan manis ini bisa menyebabkan asam lambung meningkat. Coklat mengandung theobromine yang mengakibatkan peningkatan asam. Bukan hanya itu, bahan methylxanthine yang terdapat pada cokelat juga dapat melemahkan kekuatan otot pada katup kerongkongan

Kopi

Pantangan berikutnya yakni kopi yang mengandung kafein tinggi. Namun kamu bisa menahan efek kafein dalam jumlah yang berbeda-beda. Dengan memperhatikan berapa banyak porsi kafein yang terkandung dalam kopi dapat membuat asam lambung tidak bermasalah. Konsumsi kopi yang memiliki label decaffeinated.

Soda dan alkohol

Soda dan minuman berkarbonasi memicu peningkatan asam yang merupakan gejala maag. Pasalnya, minuman ini dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah sehingga membuat asam lambung naik. Selain juga, soda mengandung kafein.

Sementara itu, kebanyakan minuman alkohol yang mengandung asam, bisa memperburuk kondisi lambung. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *