Kampus  

UIR Bersama UTHM Malaysia dan CU Inggris Bantu Internet Desa Mandiangin

UTHM
Ketua LPPM UIR Dr. Evizal Abdul Kadir bersama Tim dari Malaysia dan Inggris menyerahkan bantuan ke Desa Mandiangan Kabupaten Siak.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Universitas Islam Riau (UIR) bekerjasama Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) dan Cranfield University (CU) UK Inggris meluncurkan program bantuan hibah internet kepada Kampung Mandiangin, Kecamatan Minas, Kabupen Siak, Riau.

Fasilitas internet desa beserta tower itu adalah bantuan Pemerintah Inggris melalui Program Global Challenges Research Fund (GRCF) UK. Hibah juga untuk akses berlangganan internet selama satu tahun.

Baca : UNISSA Brunei Gandeng UIR Kerjasama Buka Fakultas Pertanian

GRCF merupakan sebuah lembaga Inggris dalam membantu dan memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian terutama untuk negara-negara berkembang.

‘’Program ini kami harapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Internet yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat. Baik untuk proses pembelajaran jarak jauh selama masa Pandemi Covid-19 maupun dalam keperluan berkomunikasi,” kata Ketua LPPM UIR Dr Evizal Abdul Kadir ST, MEng melalui Kabag Humas UIR Dr. H. Syafriadi, Kamis 10 Desember 2020.

Evizal yang juga Ketua Tim Kerjasama menyatakan, pihaknya telah menyerahkan secara simbolis papan nama kerjasama tiga universitas dalam membantu program hibah kepada Desa Mandiangin.

“Kami berharap kerjasama ini makin mempererat hubungan antara institusi pendidikan dan pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat baik tingkat nasional maupun international,” lanjutnya.

Rektor Apresiasi GCRF

Rektor UIR Prof Dr H. Syafrinaldi SH MCL memberi apresiasi kepada GCRF Inggris yang telah bersedia memberi bantuan kepada Desa Mandiangin. Ucapan senada juga dsampaikan untuk Pemerintah Inggris dan Malaysia. “Mudah-mudahan bantuan dalam hibah lain dapat lebih dtingkatkan,” ujar Rektor.

Penghulu Desa Mandiangin Martinus, SP juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak yang telah memberikan hibah (GCRF) kepada Kampung Mandiangin. “Kami sudah menggunakan fasilitas internet dan Alhamdulillah sangat bermanfaat bagi warga. Sekaligus membantu administrasi kantor penghulu maupun kegiatan pembelajaran anak-anak sekolah serta perpustakaan kampong,” katanya.

Ia berharap bantuan ini membuat masyarakat dapat lebih cepat menerima informasi, meningkatkan perekonomian dan kualitas pendidikan anak-anak sekolah.

Assoc Prof Muhammad Ramlee Kamaruddin dari Universty Tun Hussein Onn Malaysia selaku Ketua Tim UTHM mengaku sangat senang, karena bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat banyak Indonesia.

Sementara Dr Ata Khalid, Ketua Tim dari Cranfield University Inggris juga menyampaikan perasaan gembiranya bahwa program ini sudah terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat kampung. “Kedepan akan kami ajukan lagi program lain yang lebih bermanfaat untuk masyarakat luas,” pungkasnya. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *