Manfaat Terong Bagi Dunia Kesehatan

terong

LAMANRIAU.COM – Terong adalah sayuran yang cukup banyak penggemar terutama kalangan masyarakat tanah air. Manfaat terong sebagai salah satu sayuran yang mudah kita jumpai baik pasar tradisional sampai swalayan sangat banyak.

Harga jualnya yang terbilang cukup terjangkau dan juga banyak penggemarnya. Tidak heran, terong memiliki rasa yang lezat. Biasanya, terong berfungsi sebagai lalapan atau olahan menjadi tumisan dan menu masakan lainnya. Kita mungkin belum tahu begitu banyak manfaat bila sering mengkonsumsinya.

Baca : Enam Jenis Buah yang Ampuh Lecut Gairah Seks

Memiliki bentuk yang bervariasi seperti lonjong, bulat, sampai lonjong dengan ujung lancip. Terong merupakan sayuran musiman. Sangat cocok budidaya pada daerah dengan suhu 22 derajat sampai 30 derajat. Tanaman terong akan tumbuh maksimal bila mendapatkan sinar matahari langsung.

Melansir dari buku berjudul Ensiklopedia Terong: Deskripsi, Filosofi, Manfaat, Budidaya, dan Peluang Bisnisnya, terong mengandung serat, mangan, folat, kalium, vitamin K, C, magnesium, dan tembaga.

Selain kaya akan nutrisi dan vitamin, terong merupakan sayuran yang mengandung serat tinggi dan rendah kalori. Beruntunglah untuk kamu yang gemar makan terong. Sebab, terong menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Berikut manfaat terong untuk kesehatan bila konsumsi secara rutin :

Mencegah Penyakit Kronis

Terong mengandung banyak antioksidan yang berperan untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang sebabkan radikal bebas. Tidak hanya itu, antioksidan tersebut juga bermanfaat untuk mencegah munculnya penyakit kronis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasalkan American Journal of Clinical Nutrition, kandungan antosianin dalam terong bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Sedangkan kandungan kalium, vitamin C, B6, dan fitonutrien berperan melancarkan tekanan darah serta menjaga kesehatan jantung.

Mencegah Kanker

Kanker salah satu penyakit yang mengancam nyawa. Konsumsi terong secara rutin bisa menurunkan risiko kanker lambung, kolorektal, kandung kemih, serviks, dan payudara.

Mengontrol Gula Darah

Terong, sayuran yang baik konsumsi oleh penderita diabetes. Sebab, terong mengandung serat yang bisa menurunkan penyerapan gula dalam tubuh.

Kesehatan Tulang

Kandungan fenolik dalam terong bermanfaat untuk mengurangi gejala osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

Menurunkan Tekanan Darah

Terong baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Sebab, terong mengandung kalium dan berbagai vitamin yang berperan menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Berat Badan

Kamu mungkin sedang menjalani diet? Terong, sayuran yang baik untuk konsumsi saban hari. Terong mengandung serat yang berperan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, terong mengandung kalori rendah.

Menjaga Kesehatan Mata

Terong juga mengandung lutein serta zeaxanthin, yang berperan untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah degenerasi makula yang menyebabkan hilangnya penglihatan pada orang tua. Terong menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Apakah tertarik untuk makan terong secara rutin? (KCI)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *