Sekitar 50 Ribu Buruh akan Gelar Aksi May Day

may day

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bersama elemen buruh yang lain dan mahasiswa akan melakukan aksi unjuk rasa May Day pada Sabtu 1 Mei 2021. Presiden KSPI Said Iqbal mengklaim aksi ini melibatkan 50 ribu buruh. Mereka tersebar pada 24 provinsi, 200 kabupaten/kota dan 3.000 pabrik se Indonesia.

“Untuk tingkat nasional, aksi akan kami pusatkan di Istana dan Gedung Mahkamah Konsultasi,” kata Said Iqbal, Jumat 30 April 2021.

Baca : Buruh Indonesia Kembali akan Beraksi Hari Ini

Sementara itu untuk daerah, terangnya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres dan Satgas Covid-19 setempat. Said juga meminta agar tidak ada larangan terhadap massa buruh yang hendak melakukan aksi May Day.

“Mereka tersebar pada 3.000 perusahaan/pabrik, 200 kabupaten/kota, dan 24 provinsi. Seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Lampung, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Aceh. Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Gorotalo, Sulawesi Selatan, Maluku, dan sebagainya,” paparnya.

Said mengungkapkan, aksi May Day juga akan diikuti oleh sejumlah elemen mahasiswa dari berbagai kampus ternama, seperti BEM ITB, UNJ, Unand, dan sebagainya. Dalam hal ini, KSPI sudah bertemu dan berdiskusi dengan pengurus Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

“Mahasiswa dan buruh akan bergerak bersama untuk menyuarakan satu tuntutan yang sama, yaitu penolakan terhadap omnibus law UU Cipta Kerja,” tukasnya. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *