Gairah Bisa Menghilang Akibat 10 Masalah Ini

gairah

LAMANRIAU.COM – Terkadang kita mungkin tidak ingin berhubungan intim. Kamu dan pasangan mungkin kehilangan gairah untuk bercinta. Sejumlah faktor bisa memengaruhi libido, dan berikut adalah 10 pembunuh gairah seks yang umum terjadi. Berikut rangkuman disadur dari hellosehat.com :

Baca : Pahami Durasi Ideal Hubungan Intim yang Pas

1. Stres

Stres bisa datang dari pekerjaan, uang, rumah, atau tetangga. Saat tertekan, kamu mungkin tidak ingin melakukan apapun kecuali berpikir negatif.

Maka dari itu, kamu akan cenderung menghindari hubungan badan ketika sedang tertekan. Mengendalikan stres sangatlah penting. Dalam hal ini, berkonsultasi pada dokter mungkin bisa membantu.

2. Kurang tidur

Jika tidak mendapatkan cukup tidur, kita bisa mengalami kelelahan. Kelelahan, pada akhirnya, bisa membunuh gairah hubungan intim. Kamu mungkin tidak ingin melakukan apapun kecuali tidur saat benar-benar letih.

3. Anak

Saat memiliki anak, kdang harus menghabiskan waktu membesarkan, bermain dengan mereka, dan memberi makan. Maka dari itu, kita mungkin hanya memiliki sedikit waktu untuk keintiman. Memiliki pengasuh bayi atau babysitter bisa menjadi ide yang bagus. Ia bisa mengurus anak, sehingga kita dan pasangan bisa berhubungan saat anak sedang tidur siang.

4. Obat

Beberapa obat dilaporkan berkaitan dengan hilangnya gairah seks, yaitu:

– obat yang digunakan untuk mengendalikan tekanan darah
– obat kemoterapi
– antidepresan
– obat anti-cemas
– pil KB
– obat anti-kejang

Jika gairah seks hilang dengan cepat setelah meminum obat, kamu harus memberi tahu dokter. Perubahan dalam dosis atau jenis obat bisa membantu. Namun, jangan mengganti dosis atau berhenti menggunakan obat tanpa saran dari dokter.

5. Obesitas

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kelebihan berat badan dan obesitas bisa berdampak pada gairah kehidupan seks. Ini mungkin karena kita akan merasa kurang percaya diri saat kelebihan berat badan. Masalah psikologis lainnya yang berkaitan dengan obesitas dan kelebihan berat badan juga bisa menjadi penyebab. Cobalah untuk mengendalikan berat badan dengan makan dengan sehat dan berolahraga secara teratur.

6. Alkohol

Satu atau dua minuman beralkohol mungkin tidak akan menyebabkan masalah. Namun, terlalu banyak alkohol bisa membunuh gairah. Pasangan mungkin tidak ingin berhubungan badan dengan seorang pemabuk. Maka dari itu, kendalikanlah konsumsi alcohol.

7. Depresi

Saat depresi, antidepresan akan diresepkan untuk kamu. Namun, beberapa antidepresan bisa menurunkan gairah seks. Ironisnya, saat gairah kamu menurun, kamu bisa menjadi depresi. Konsultasikan pada dokter dan ia bisa menemukan solusi yang sesuai untuk kondisi.

8. Menopause

Saat mengalami menopause, bisa mengalami gejala seperti vagina kering atau rasa sakit saat berhubungan badan. Gejala ini membuat kamu sulit untuk menikmati aktivitas seksual. Selain itu, saat bertambah tua, kamu bisa merasa kurang percaya diri dengan kecantikan, sehingga mungkin tidak ingin melakukan aksi keintiman dengan pasangan.

9. Kadar testosteron rendah

Testosteron adalah hormon yang mendukung dan memengaruhi gairah hubungan intim. Seiring bertambahnya usia, kadar testosteron pria menurun, sehingga gairah seksnya berkurang. Kadar testosteron rendah ini bisa memengaruhi pria dan wanita.

10. Masalah dalam rumah tangga

Saat rumah tangga bermasalah, kamu dan pasangan tentu tidak ingin berhubungan badan dengan satu sama lain. Cobalah untuk berkomunikasi. Komunikasi bisa membantu mencapai pemahaman yang sama dan menyelesaikan masalah. Terbukalah pada satu sama lain dan jangan hanya memendam pikiran dan perasaan.

Gairah hubungan intim bisa terpengaruhi baik oleh faktor fisiologis dan psikologis. Dengan mengetahui 10 faktor umum ini, kamu bisa menyesuaikan gaya hidup untuk mendapatkan kembali kenikmatan dalam berhubungan. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *