Menanam dan Merawat Bunga Pukul Sembilan

bunga pukul sembilan

LAMANRIAU.COM – Bunga pukul sembilan atau Portulaca Grandiflora merupakan jenis tanaman hias dengan bunga warna-warni yang indah dan mencolok.

Namanya bunga pukul sembilan karena waktu mekarnya bunga seiring dengan rangsangan cahaya matahari yang meninggi sekitar pukul 09.00 WIB. Salah satu jenis Portulaca yang terkenal untuk Indonesia yakni krokot yang belakangan sering jadikan sebagai obat herbal. Namun kehadirannya terkadang diklaim sebagai tumbuhan liar karena pertumbuhannya yang cepat.

Baca : Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga Indah

Sesuai namanya, karakter tanaman hias ini sangat menyukai sinar matahari, maka lebih cocok menanam luar ruangan. Pada situs penjualan daring, harga setiap bibitnya berkisar antara Rp5.000 sampai Rp12.000 saja.

Krokot dapat berkembangbiakan pada tanah langsung maupun jadikan tanaman gantung. Caranya isikan media tanam pot dengan tanah yang gembur, kotoran domba hasil fermentasi (pupuk organik) dan sekam. Lalu stek tanaman krokot dari indukannya, dan tanam dalam media tanam yang tadi sudah siapkan.

Siram tanaman secara berkala untuk menjaga tanah tetap lembat, perlu ingat bahwa krokot menyukai cahaya matahari, sehingga upayakan menaruhnya pada tempat yang terpapar sinar matahari. Jika pada tempat minim sinar matahari, lama kelaman batangnya akan membusuk dan mati.

Penanaman pada tanah lapang juga dapat lakukan, caranya persis seperti yang telah dijelaskan. Stek dari batang tanaman pindahkan ke tanah lapang yang sudah gembur. Hal menarik dari krokot adalah bunganya yang bervariasi, mulai dari merah muda, biru, putih, kuning dan lainnya.

Meski begitu, perawatan krokot tidaklah sulit. Jika tanam dalam media yang kecil, setiap 3 bulan sekali perlu adanya pergantian media tanam karena ditakutkan nutrisi tanah habis.

Jika dalam pot yang berukuran besar, cukup lakukan peremajaan dengan memotong batang-batang yang layu atau busuk.

Tanaman hias krokot dapat menjadi alternatif untuk mengisi halaman rumah agar terlihat lebih berwarna dan menarik mata, asal tempatkan langsung bawah sinar matahari agar selalu subur dan berbunga banyak. (abc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *