Portugal Terancam Tersingkir dari Euro 2020

portugal
Thorgan Hazard menjadi bintang Belgia untuk menaklukann juara bertahan Portugal.

LAMANRIAU.COM, SEVILLA – Laga super big match yang amat sengit tersaji pada babak 16 besar Euro 2020. Tim peringkat satu ranking FIFA, Belgia, sukses memastikan diri melaju ke babak perempat final Euro 2020 setelah menang 1-0 atas sang juara bertahan Portugal di Estadio de La Cartuja, Senin 28 Juni 21 dini hari WIB.

Gol semata wayang Begia, sekaligus gol kemenangan skuad berjuluk The Red Devils itu dicetak oleh Thorgan Hazard pada menit ke-42. Satu gol Belgia sudah cukup untuk menyingkirkan Ronaldo dkk dari Euro, karena Portugal gagal membalas gol tersebut sepanjang 90 menit jalannya pertandingan.

Baca : Cedera, Jerman Kehilangan 4 Pemain Kunci

Portugal tampil agresif pada awal babak pertama. Diogo Jota mendapatkan peluang menit ke-6 setelah melepaskan tembakan. Akan tetapi masih melebar ke sisi tiang kanan gawang.

Portugal membuat Belgia tak dapat melancarkan serangan dengan nyaman. Duet Renato Sanches dan Joao Palhinha pada lini tengah membuat Kevin De Bruyne dan Youri Tielemans tak dapat mengalirkan bola dengan baik kepada Romelu Lukaku dan Eden Hazard dari lini depan.

Portugal justru tampil cukup apik dengan mengandalkan serangan balik cepat. Pada menit ke-25, Cristiano Ronaldo nyaris membawa Portugal unggul. Sayangnya, tendangan bebas yang ia lepaskan masih dapat tepisan Courtois. Bola muntah yang coba disundul oleh Palhinha pun masih terlalu lemah sehingga bisa amankan dengan sempurna oleh Courtois.

Pada menit ke-37, giliran Timnas Belgia yang mengancam gawang Portugal. Sayangnya percobaan Thomas Meunier melepaskan tembakan dari luar kotak penalti masih melebar tipis ke sisi kanan gawang Rui Patricio.

Memasuki menit ke-42, Thorgan Hazard membuat para suporter bersorak setelah menyarangkan gol ke gawang Portugal. Adik dari bintang timnas, Eden Hazard ini menerima operan dan memutuskan untuk menembak dari jarak 22 meter. Tembakan sempurna itu langsung bersarang dekat sisi kanan gawang Rui Patricio.

Menyerang

Tertinggal 0-1 membuat Portugal bermain lebih terbuka. Alhasil, mereka nyaris kembali kebobolan lewat serangan balik cepat. Palhinha terpaksa melanggar Kevin De Bruyne untuk menghentikan serangan itu sehingga mendapatkan kartu kuning dari wasit Felix Brich.

Tak ada gol tambahan tercipta pada sisa babak pertama. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum. Hasil itu membuat Timnas Belgia berpeluang lebih besar untuk lolos ke babak perempat final Euro 2020 dan membuat Portugal harus bekerja keras ke babak kedua untuk menyamakan kedudukan.

Tertinggal 0-1 membuat Portugal bermain lebih agresif pada babak kedua. Belgia semakin kesulitan membangun serangan setelah Kevin De Bruyne harus tarik keluar pada menit ke-50.

Demi meningkatkan intensitas serangan untuk mengejar ketertinggalan, pelatih Portugal Fernando Santos pun memasukkan Joao Felix dan Bruno Fernandes untuk menggantikan Joao Moutinho dan Bernadro Silva pada menit ke-55.

Pergantian pemain ini langsung terbukti menjadi keputusan yang tepat, Portugal menguasai pertandingan dan beberapa kali mendapatkan peluang.

Pada menit ke-58, Timnas Portugal mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan. Pergerakan Cristiano Ronaldo pada sisi kiri tak dapat hentikan oleh lini pertahanan Belgia. Ronaldo lantas berlari ke tengah dan melepaskan umpan kepada Diogo Jota yang berada dekat kotak penalti. Sayangnya eksekusi Jota masih melenceng dari gawang.

Pada menit ke-62, giliran Bruno Fernandes melakukan percobaan guna menyamakan kedudukan. Hanya saja, sepakan gelandang Manchester United itu belum tepat sasaran.

Tiga menit berselang, Felix juga mendapatkan peluang. Sayangnya sundulan pemain Atletico Madrid itu masih dapat tangkapan sempurna oleh Courtois.

Penyerang Belgia Romelu Lukaku baru mendapatkan peluang gol pada menit ke-63 setelah menerima operan Thorgan Hazard. Akan tetapi, Lukaku gagal menambah keunggulan Belgia setelah tendangannya tidak mengarah ke gawang Rui Patricio.

Bertahan

Cristiano Ronaldo memiliki kesempatan menambah golnya pada Euro 2020 sekaligus membuat Portugal menyamakan kedudukan. Sayangnya, upaya Ronaldo membobol gawang Belgia lewat tendangan bebas pada menit ke-73 belum berhasil. Dalam tayangan ulang, tendangan bebas Ronaldo justru membentur rekannya sendiri, Renato Sanches.

Laga terhenti sejenak pada menit ke-77 saat wasit meniup peluit karena melihat Romelu Lukaku terbaring kesakitan. Thorgan Hazard seolah mengabaikannya dan terus bermain, melihat itu Pepe menabrak lajunya dengan keras dan pemain Belgia segera mengerubunginya seolah tak terima.

Pada menit ke-81 Timnas Portugal mendapatkan peluang emas. Mendapatkan umpan silang tendangan sudut Fernandes, Ruben Dias berhasil menyambut bola dengan sundulan keras. Apes bagi Dias, Courtois membuat penyelamatan gemilang dengan menepis sundulannya itu.

Ancaman terus oleh Portugal ke pertahaan tim asuhan Roberto Martinez tersebut. Kali ini lewat tendangan Raphael Guerreiro pada menit ke-83 yang masih membentur tiang. Meski terus menyerang Belgia, namun Portugal tetap gagal menciptakan gol. Saat peluit panjang, Belgia menang 1-0 dan melaju ke babak perempat final Euro 2020.

Hasil itu membuat Timnas Belgia lolos ke babak perempat final Euro 2020 untuk menantang Italia yang sudah menyingkirkan Austria babak 16 besar Euro 2020. (rri)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *