Bunga Wijaya Kusuma, Si Cantik yang Banyak Manfaat

bunga wijaya kusuma

LAMANRIAU.COM – Semasa pandemi, pecinta tanaman hias terus bertambah sehingga tak heran jika jenis bunga yang jadi incaran pun semakin beragam. Salah satunya adalah bunga wijaya kusuma yang kembali mendapatkan banyak peminat kalangan pecinta bunga Indonesia.

Banyak orang menganggap bahwa bunga wijaya kusuma merupakan tanaman hias asli Indonesia. Namun, fakta sesungguhnya, bunga dengan nama latin Epiphyllum Anguliger ini berasal dari Venezuela, Amerika Selatan.

Baca : Menanam Bunga Gladiol Agar Cepat Berbunga

Bunga ini memiliki kemampuan tahan terhadap cuaca panas sehingga bunga ini pun dulunya d ibawa oleh para pedagang Tiongkok menuju Indonesia melalui jalur laut pada zaman kerajaan Majapahit.

Bunga Berbagai Mitos

Pada zaman kerajaan, bunga wijaya kusuma terkenal sebagai tanaman hias favorit para bangsawan. Bahkan, bunga dengan warna dan bentuk kelopak yang elegan ini kerap jadi hadiah dari para raja untuk sang ratu karena proses memetiknya memerlukan usaha, seperti bepergian jauh ke dalam hutan.

Setiap kerajaan yang memiliki koleksi bunga wijaya kusuma juga kerap disebut kerajaan makmur karena keberadaan bunga ini sangatlah langka.

Selain itu, terdapat juga mitos bahwa siapa pun yang melihat proses mekar sempurna dari bunga cantik tersebut saat malam hari akan mendapatkan kemakmuran dan cepat diberikan keturunan.

Tak hanya itu saja, bunga ini juga memiliki mitos mistis yang berkaitan erat dengan legenda Ratu Selatan. Bahkan, wilayah Cilacap, Jawa Tengah, bunga ini juga kerap disebut sebagai bunga gaib karena proses kemunculannya yang sangat misterius.

Banyak Manfaat

Bunga wijaya kusuma sangatlah menarik karena tak hanya memiliki paras yang cantik nan indah, tapi juga menyimpan banyak cerita termasuk mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Melihat proses bunga bermekaran pada pagi hari mungkin sudah biasa. Namun, hal unik terjadi pada bunga wijaya kusuma yang mekar saat memasuki gelap atau malam hari. Bunga ini akan mekar sempurna pada sekitar pukul 11 malam dan akan mulai layu setelah memasuki pukul 3 pagi.

Meskipun periode mekar sangatlah singkat, tapi prosesnya jadi penantian para pecinta bunga karena sangatlah unik dan berbeda dengan bunga kebanyakan. Dalam proses mekar ini, bunga wijaya kusuma pun akan mengeluarkan aroma harum yang sangat khas.

Tak hanya memiliki bentuk kelopak bunga yang sangat indah, bunga wijaya kusuma juga memiliki manfaat yang sangat kaya bagi kesehatan. Bunga ini juga mampu membantu meredakan nyeri pada bisul, mengobati batuk ataupun radang tenggorokan, hingga mengobati gejala sesak nafas ataupun asma. Berkhasiat sekali, ya?

Merawat Bunga

Jika kamu tertarik memelihara bunga yang satu ini, kamu juga harus memahami cara merawatnya. Pertama, pastikan kamu tidak menyiramnya dengan air yang terlalu banyak karena bunga ini bisa menjadi busuk dan tidak tumbuh dengan sempurna.

Selain itu, hindari penyimpanan di bawah sinar matahari secara langsung karena bisa menyebabkan daun menjadi kering. Jangan lupa berikan juga pupuk secara rutin agar bunga wijaya kusuma dapat tumbuh dengan sempurna. (dkr)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *