Empat Negara Ini Lolos Semifinal Sepakbola Olimpiade

bola olimpiade

LAMANRIAU.COM, TOKYO – Jepang menjadi negara Asia sekaligus tuan rumah yang memastikan tiket semifinal cabang sepakbola, dalam pertandingan perebutan gelar Olimpiade Tokyo 2020. Selain Jepang, turut memastikan kemenangan adalah Brasil, Spanyol dan Meksiko.

Kemenangan tuan rumah Jepang setelah berhasil menundukkan permainan Selandia Baru dengan skor 4-2 lewat drama adu penalti di Kashima Stadium, Jepang, Sabtu 31 Juli 2021. Menurut catatan laman resmi Olimpiade, pertandingan harus melalui lewat adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 90 menit penuh dan dua babak tambahan.

Baca : Jepang Bantah Olimpiade 2020 Bakal Ditunda

Jepang bermain menekan sejak menit pertama. Mereka menciptakan peluang pada menit ke-2 melalui tendangan jarak jauh Reo, tetapi bola masih melambung jauh ke atas. Selandia Baru kesulitan untuk mengimbangi permainan gigih dari Jepang. Namun, Jepang masih kesulitan membobol gawang Selandia baru yang dijaga Woud.

Brasil vs Mesir

Pada tempat terpisah, Timnas Brasil juga harus susah payah mengalahkan perlawanan Mesir meski menang tipis dengan skor 1-0. Hasil itu melajukan Selecao ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020. Pertandingan yang berlangsung di Saitama stadium, Brasil menurunkan Richarlison, Antony, dan Matheus Cunha di lini serang.

Brasil bermain agresif dan dominan sedari menit awal. Menguasai 63 persen ball possesion, Brasil tak memberikan Mesir kesempatan mengembangkan permainan.

Mesir lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik. Kebuntuan pecah pada menit ke-37 saat umpan Richarlison ke kotak penalti disambar Matheus Cunha dengan sepakan keras yang menjebol jala Mohamed El Shenawi.

Setelah unggul, Brasil berupaya menambah gol lagi tapi beberapa kali upaya yang dilakukan selalu gagal. Sampai pertandingan berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Brasil bertahan dan mereka berhak melaju ke semifinal.

Spanyol vs Pantai Gading

Sementara Timnas Spanyol berhasil mengatasi perlawanan sengit Pantai Gading dan melaju ke semifinal sepak bola Olimpiade Tokyo 2020. Bermain hingga babak tambahan, La Roja menang 5-2 atas Pantai Gading dalam pertandingan perempat final di Miyagi stadium pada Sabtu.

Spanyol menurunkan pemain-pemain terbaik mereka seperti Dani Olmo, Marco Asensio dan Mikel Oyarzabal di lini serang.

Pada awal pertandingan, Pantai Gading bermain agresif dan menekan Spanyol. Mereka mampu memberikan acanaman pada menit kedelapan melalui sepakan Eboue Kouassi. Namun, kiper Spanyol Unai Simon mampu menepis bola dan menghasilkan sepak pojok.

Pantai Gading mampu mencetak gol setelah memanfaatkan sepak pojok itu. Sundulan Eric Bailly setelah menerima umpan korner Max-Alain Gradel sukses mengoyak gawang Spanyol. Skor menjadi 1-0.

Spanyol akhirnya bisa menyamakan skor pada menit ke-30 melalui tendangan keras Dani Olmo ke pojok gawang setelah menerima umpan dari Oyarzabal. Kedudukan menjadi 1-1.

Pertandingan memanas pada 10 menit terakhir babak kedua karena kedua tim saling bertukar serangan. Pantai Gading hampir lolos ke semifinal saat Max Gredel menjebol gawang Unai Simon pada menit ke-90.

Berawal dari tusukan Gredel dari sisi kiri, dia kemudian melepaskan tembakan hingga membentur kaki Jesus Vallejo sebelum masuk lewat sela tangan Unai Simon. Skor menjadi 2-1 untuk Pantai Gading.

Spanyol mampu menyamakan skor 2-2 pada menit ke-93 saat Rafa Mir memasukan bola ke gawang Pantai Gading setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang menghalau bola umpan silang. Laga akhirnya dilanjutkan ke babak extra time.

Pada menit ke-97, Spanyol akhirnya bisa unggul saat Eric Bailly melakukan handball pada kotak terlarang. Wasit, dengan bantuan VAR, memutuskan untuk memberikan hadiah penalti. Oyarzabal, yang maju sebagai eksekutor, mampu melaksanakan tugasnya, unggul 3-2.

Masuknya Rafa Mir membuat serangan Spanyol lebih tajam dan mampu menambah keunggulan menjadi 4-2 pada menit ke-117. Mir kemudian mencetak trigol pada menit akhir laga dengan kemenangan 5-2.

Meksiko vs Korea Selatan

Meksiko juga tidak kalah beruntung setelah menundukkan perlawanan Korea Selatan dengan skor telak 6-3 dalam pertandingan perebutan tiket semifinal di Yokohama Stadium. Henry Martin memborong dua gol buat Meksiko. Demikian juga Francisco Cordova, yang salah satunya tercetak dari titik penalti. Gol Meksiko lainnya adalah Luis Romo dan Eduardo Aguirre.

Dua gol Korea Selatan berhasil dari kaki Lee Dong-Keyong. Sedangkan satu gol lain terceploskan Ui-Jo Hwang.

Meski menang dengan skor besar, Meksiko hanya unggul tipis dalam penguasaan bola (55 persen). Kedua tim juga imbang dalam hal tembakan terarah ke gawang lawan (9 banding 9).

Meksiko lolos ke semifinal untuk kedua kalinya. Sebelumnya, pada 2012, mereka terus melaju hingga merebut medali emas. Babak semifinal, yang akan berlangsung 3 Agustus, Meksiko akan menghadapi Timnas Brasil. ***

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *