Pemko Pekanbaru Gandeng LPM Kembangkan Pasar Kuliner 9 Kecamatan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dalam upaya membangun pemberdayaan peran masyarakat, sekaligus menggeliatkan ekonomi masyarakat di Kota Pekanbaru. Dinas Perdagangan dan Perindustrian melakukan kerjasama dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam pengelolaan 15 sentra kuliner di Kota Pekan baru.

Secara simbolis kerja sama tersebut dilakukan dengan penyerahan Surat keputusan (SK) Pasar Kuliner kepada 9 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) LPM se Kota Pekanbaru ruang Multimedia  Mal Pelayanan Publik Jalan Sudirman oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Ingot Ahmad Hutasuhut disaksikan jajaran LPM kota Pekanbaru.

Ingot menjelaskan, SK Pasar Kuliner ini diberikan kepada LPM salah satu mitra pemerintah guna menggeliatkan pembangunan di Kota Pekanbaru. LPM juga mempunyai struktur yang langsung menyentuh hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

”Dengan penyerahan SK ini, diharapkan LPM akan bisa menjadi bagian dari pengembangan Pekanbaru sebagai sentra kuliner, dan ikut bersama masyarakat menggerakkan roda perekonomian daerah,” ungkap Ingot.

Dia berharap jajaran LPM bisa segera berkoordinasi dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan untuk memastikan teknis pengelolaan Pasar Kuliner ini, sehingga pengelolaannya tetap mengacu pada ketertiban umum dan bisa melibatkan masyarakat lebih luas lagi.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian, sebut Ingot, siap untuk membantu dalam upaya melakukan pemetaan potensi kuliner di tiap lokasi.

”Ya, pasti tidak akan sama semuanya, pasti akan berbeda di tiap kecamatan dan lokasi. Karena itulah, bila diperlukan, kita siap untuk memberi masukan tentang model usaha termasuk spesifikasi kulinernya,” ungkap Ingot.

Dia juga berharap LPM dapat berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata, dalam pengembangan potensi wisata kulinernya.

Sementara itu, Ketua LPM Pekanbaru, Sarjoko mengapresiasi dukungan pengembangan Pasar Kuliner yang dilakukan di 9 kecamatan oleh Pemko.

Dia berharap jajaran LPM baik di kecamatan dan kelurahan bisa bersinergi dalam pengembangan ekonomi masyarakat.

”Pemerintah Kota Pekanbaru sudah sediakan kolamnya bagi pengurus LPM di kecamatan dan kelurahan untuk mengembangkan usaha Pasar Kuliner ini. Kita tinggal pancing ikannya,” ungkap Sarjoko menganalogikan.

Dia menargetkan, paling lambat, dalam 3 bulan, 9 Pasar Kuliner di kecamatan se Pekanbaru sudah berdiri dan running.

”Jadi kita harus kerja cepat, ini adalah kepercayaan, sekaligus amanah besar bagi LPM,” ungkap Sarjoko.

Adapun sentra kuliner yang akan dikelola LPM Kota Pekanbaru, rencananya akan didirikan di  Kecamatan Bukitraya, Limapuluh, Tenayanraya, Binawidya, Rumbai,  Rumbai Pesisir, Sukajadi dan beberapa lainnya. (rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *