Apakah Gunung Api Tetap Berbahaya Meskipun Tidak Erupsi?

Berbahaya

LAMANRIAU.COM – Gunung api yang sedang mengalami erupsi tentunya berbahaya bagi manusia dan hewan yang tinggal di sekitarnya. Sebagaimana yang terjadi Gunung Semeru pada Sabtu 04 Desember 2021 lalu, rumah-rumah penduduk terendam abu vulkanik dan banyak yang rusak sebagai akibatnya.

Namun, apakah gunung api akan tetap berbahaya jika mereka tidak sedang erupsi? Mengutip dari Britannica, seperti ini faktanya.

Baca : Dahsyatnya Ledakan Gunung Semeru tanpa Peringatan

Gunung api pada dasarnya tetap berbahaya ketika mereka sedang tidak erupsi. Akan tetapi, tingkat bahayanya berbeda-beda, bergantung pada status gunung itu sendiri.

Gunung api umumnya dikategorikan sebagai berikut:

1. Aktif, artinya punya sejarah letusan dalam 10 ribu tahun terakhir.

2. Erupsi, yakni gunung api aktif yang sedang meletus.

3. Tidak aktif, yaitu gunung api aktif yang berpotensi kembali meletus.

4. Punah, artinya tidak mengalami letusan selama lebih dari 10 ribu tahun dan tidak mungkin akan meletus lagi.

Dari ketiga kategori di atas, satu-satunya gunung api yang tidak berbahaya adalah nomor 4, yaitu gunung api yang sudah punah. Sedangkan ketiga jenis gunung api lainnya bisa dikatakan tidak terlalu aman.

Jadi, saat tidak sedang meletus pun, ada potensi suatu gunung api untuk meletus kapan saja. Semakin dekat lokasi seseorang dengan gunung api, maka kemungkinan untuk menghindari dampak erupsi juga semakin kecil. Tapi, bukan berarti manusia harus sepenuhnya tidak boleh tinggal di dekat gunung api.

Beberapa kota seperti Naples di Italia atau ibu kota Ekuador, Quito berlokasi dekat gunung api. Tindakan-tindakan pencegahan dapat dilakukan sehingga orang-orang yang tinggal dekat gunung api dapat diberitahu sebelum mereka mengalami bahaya.

Selain itu, gunung api kerap kali tertutup dengan abu dan reruntuhan. Apalagi jenis stratovolcano yang dikenal sebagai penyebab tanah atau lahar longsor. Maka, meskipun sedang tidak ada erupsi atau hujan abu, risiko sebetulnya masih ada. (jm/dtc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *