Baznas Inhu Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni Kepada Mustahik

Ketua Baznas Inhu Mulya Santoni, S.Si menyerahkan bantuan rumah kepada mustahik warga Desa Kuantan Tenang Kecamatan Rakit Kulim.

LAMANRIAU.COM, RAKIT KULIM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Program Bedah Rumah melakukan kunjungan ke Desa Kuantan Tenang Kecamatan Rakit Kulim, dalam rangka penyerahan bantuan 1 unit rumah yang telah selesai dibangun.

Serah terima Rumah Sehat Layak Huni yang telah dibangun oleh Baznas Kabupaten Inhu bekerjasama denga Baznas Provinsi Riau ini diberikan kepada bapak Nazaruddin, warga Desa Kuantan Tenang Kecamatan Rakit Kulim, yang tidak memiliki rumah disebabkan terbakar pada tahun 2019 lalu. Penyerahan dilakukan langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Inhu Mulya Santoni S.Si, Senin 13 Desember 2021 kemarin didampingi kepala desa dan perangkat. 

Ketua Baznas Inhu, Mulya Santoni, S.Si mengatakan, informasi kondisi rumah Nazarudin diterima dari Pemerintah Kabupaten Inhu, yang bersangkutan tidak lagi memiliki rumah disebabkan terbakar pada tahun 2019 lalu. Sesuai tujuan dari Baznas untuk membantu masyarakat (mustahik) yang berhak menerima bantuan, maka pembangunan rumah dimulai.

“Baznas tak banyak persyaratan untuk memberikan bantuan, kita melihat dan survey lalu verifikasi dan tentunya layak dibantu dan ada dana langsung kita bangun,” ujar Mulya Santoni.

Pengerjaan pembangunannya langsung ditangani Baznas sendiri dengan kondisi rumah siap huni, selesai dicat, ada kamar tidur, lantai keramik dan ada kamar mandi serta toilet dengan budget Rp 56 juta.

Selama tahun 2021 Baznas Inhu sudah memberikan bantuan rumah sebanyak 4 unit, 2 unit di Kecamatan Rengat Barat, 1 unit di Kecamatan Peranap dan 1 unit di Kecamatan Rakit Kulim. “Pembangunan rumah yang kita berikan ini karena memang kondisinya sangat memprihatinkan,” sambungnya.

Dikatakan Mulya Santoni, salah satu wadah yang paling tepat untuk membayar zakat adalah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Secara payung hukum sudah legal untuk mengumpulkan dan menyalurkan zakat. Karena Baznas sudah disahkan oleh pemerintah melalui UU Nomor 23/2011.

“Kami dari Baznas berharap kepada masyarakat yang berkemampuan untuk membayar zakat, bagi yang belum, dianjurkan untuk bersedekah dan berinfak. Bagi mustahik yang membutuhkan bantuan tetap kita survey ke lapangan. Kita juga berterimakasih kepada para muzakki, Insya Allah muzakki mendapatkan berkah dari Allah SWT,” jelasnya.

Sementara, penerima bantuan Pak Nazarudin mengungkapkan rasa sukur serta bahagia dan terimakasih kepada pihak Baznas yang sudah membangun rumah tempat tinggalnya.

“Alhamdulillah saya berterimakasih kepada pihak Baznas yang datang hari ini menyerahkan bantuan rumah kepada keluaraga kami,” ucap Nazarudin haru. (Asrul Hadi)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *