Lantik Kades Baru, Bupati Inhu Minta Rangkul Semua Komponen Masyarakat

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE melantik 32 Kepala Desa hasil Pilkades serentak tahun 2021.

LAMANRIAU.COM, SEI LALAK – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) melantik dan mengambil sumpah Kepala Desa (Kades) terpilih serentak tahun 2021 se Dapil 3 dan Dapil 4 bertempat di halaman Kantor Camat Sei Lalak, Senin 20 Desember 2021. 

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Inhu No. Kpts.466/12 /2021, 32 kades yang dilantik tersebar di 8 kecamatan yakni, di Kecamatan Peranap, Batang Peranap, Kelayang, Rakit Kulim, Sei Lalak, Lubuk Batu Jaya, Pasir Penyu dan Lirik.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, SE dalam sambutanya atas nama pribadi dan Pemkab Inhu mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan 32 kepala desa terpilih. Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi pelaksanaan peralihan kepala desa yang amanah sekaligus memiliki tekad untuk membangun desa serta mampu membawa kemakmuran bagi masyarakat.

Bupati Rezita berpesan dan mengingatkan kepada Kades yang dilantik nantinya benar-benar dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mensejahterakan masyarakat. Karena tugas besar mengemban amanah masyarakat sudah menanti. 

“Rajut dan satu padukan langkah dalam mewujudkan desa membangun dengan meletakkan masyarakat sebagai subjek dalam pembangunan di desa,” ujar Bupati Rezita.

Ia juga minta kepada Kades terpilih tidak membedakan kelompok dan golongan tertentu dalam membangun desa. Bangun komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan BPD dan golongan masyarakat lain yang ada di desa dengan baik.

“Sebagai Kades yang punya kewenangan untuk mengatur kehidupan masyarakat yang dituangkan dalam Peraturan Desa (Perdes), saudara bisa lebih kreatif untuk mewujudkan harapan masyarakat. Kades juga dituntut bekerjasama dengan perangkat desa yang ada,” ucapnya.

Bupati Rezita juga minta kepada Kades untuk melakukan pembinaan terhadap perangkat desa dengan senantiasa berkonsultasi dengan camat dan OPD, dan tidak melakukan pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Pada kesempatan itu, Bupati Rezita mengajak seluruh tokoh masyarakat, Kades, Lurah, Camat dan seluruh stake holder bersama-sama berkomitmen dalam rangka mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 di wilayah masing-masing.

“Mari kita sama-sama sukseskan pencapaian target 70 persen masyarakat Inhu sudah divaksin sampai dengan akhir Desember ini. Terkhusus di Kecamatan Rakit Kulim, Kelayang dan Peranap yang persentase nya masih rendah dibanding kecamatan lain di Inhu,” ungkapnya.

Dari data Bupati Rezita menyebut, sampai dengan hari Minggu 19 Desember 2021 kemarin, persentase vaksin dosis 1 di Kabupaten Inhu sudah mencapai 62,19 persen. Harapannya, masyarakat Inhu sudah divaksin 100 persen, namun secara rata-rata di setiap kecamatan di Inhu hingga saat ini baru mencapai 55 persen yang sudah divaksin.

Ia minta kepada seluruh stake holder agar mengajak masyarakat dan mensosialisasikan pentingnya vaksin Covid-19.

Terakhir ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh penyelenggara Pilkades serentak, Forkopimda, TNI, Polri serta unsur lainnya atas penyelenggaraan Pilkades serentak di Kabupaten Inhu berjalan dengan baik dan sukses.

Acara pelantikan kades terpilih wilayah Dapil 3 dan Dapil 4 ini di hadiri juga oleh Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura, para Asisten, Kadis, Kaban, Kakan, Camat dan Upika, Kades/lurah, BPD, Tomas, serta lainnya. (Asrul Hadi)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *