Biro Rena Polda Riau Studi Kelayakan Polsek Rakit Kulim dan Batang Peranap

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Kepala Bagian (Kabag) Strajemen Biro Perencana dan Anggaran (Rorena) Polda Riau, AKBP Osva S.I.K, M.Si dan Kapolres Inhu, AKBP Bachtiar Alponso S.I.K, M.Si, Kamis 27 Januari 2022 turun ke Kecamatan Rakit Kulim dan Batang Peranap.

Turunnya pejabat penting Polda Riau dan Kapolres Inhu ini untuk menggelar studi kelayakan terhadap rencana pembentukan dan pembangunan Polisi Sektor (Polsek) pada dua kecamatan tersebut.

Bertolak dari kota Rengat, rombongan tiba di Desa Sencano Jaya Kecamatan Batang Peranap sekitar pukul 10.00 WIB, disambut oleh Kapolsek Peranap, Iptu Emir Maharto Bustarosa  S.T.K, S.I.K, MH, Camat Peranap diwakili Kasi Pemerintahan, Beny Aperta, Danramil yang diwakili Danpos Batang Peranap Serka Edi Kurniadi, Kasubsektor Iptu Syafril serta sejumlah Kepala Desa (Kades) yang mewakili para tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda Batang Peranap.

Kapolsek Peranap dalam laporannya menyebutkan, Kecamatan Batang Peranap memiliki luas sekitar 160.883 hektar dengan jarak tempuh sekitar 50 km dari Polsek Peranap dengan kondisi jalan tanah.

Semwntara Camat Batang Peranap mengatakan, masyarakat setempat siap menghibahkan lahan untuk pembangunan Polsek Batang Peranap dan berharap pembangunan dapat dilaksanakan pada tahun 2022 ini.

Ketua Forum Kades Kecamatan Batang Peranap dan tokoh masyarakat juga mengatakan, atas nama masyarakat sangat berharap dan bermohon agar pembangunan Polsek Batang Peranap bisa dilaksanakan secepatnya, sebab masyarakat sangat membutuhkan kehadiran Polri. Harapan ini dibuktikan dengan lahan seluas 2 hektar yang dihibahkan masyarakat secara ikhlas sebagai lokasi pembangunan Polsek.

Sebab selama ini, jika masyarakat membutuhkan pelayanan polisi, harus ke Polsek Peranap, sementara jarak tempuh cukup jauh dan kondisi jalan berupa tanah yang pasti berdebu saat kemarau dan licin ketika musim hujan.

Kapolres Inhu mengucapkan terima kasih pada masyarakat Kecamatan Batang Peranap yang telah bersedia menghibahkan lahan pembangunan Polsek Batang Peranap.

“Kami, Polres Inhu juga berharap agar pembangun Polsek Batang Peranap bisa dilaksanakan secepatnya,” ucap Kapolres.

Sementara, Kabag Strajemen Rorena Polda Riau AKBP Osva S.I.K, M.Si juga menyampaikan terimakasih atas dukungan dari masyarakat dalam pembangunan Polsek Batang Peranap.

“Namun, syarat untuk pembangunan Polsek terlebih dahulu harus diteliti dan datanya mesti dilengkapi, kemudian diajukan ke Mabes Polri dan Mempan RB. Kita juga berharap agar pembangunan Polsek Batang Peranap terlaksana,” tutupnya.

Setelah di Kecamatan Batang Peranap, rombongan Kabag Strajemen Rorena Polda Riau dan Kapolres Inhu menuju Kecamatan Rakit Kulim, sekitar pukul 14.00 WIB rombongan tiba di Desa Petonggan Kecamatan Rakit Kulim sebagai lokasi rencana pembangunan Polsek setempat.

Rombongan disambut Camat Rakit Kulim, Fitrilison, S.PKP, Danramil di wakili Babinsa Sertu Ilson, Kapolsubsektor Rakit Kulim Ipda Jon Hendri, S.H, KUA Saerozi, Kapuskesmas Rakit Kulim Joni Indra, S.KM, Kapuskesmas Kota Baru Tawiriyah, S.KM, para Kades se-Kecamatan Rakit Kulim.

Selain itu juga hadir perwakilan tokoh masyarakat, jamaah, tokoh adat, M Padilah, dan perwakilan tokoh suku Talang Mamak, Nanang, serta pemuka masyarakat lainnya.

Sama seperti Batang Peranap, seluruh masyarakat Rakit Kulim juga sangat berharap pembangunan Polsek dapat dilaksanakan secepatnya. Sebagai bukti keseriusan tersebut, masyarakat telah menghibahkan lahan untuk pembangunan sejak tahun 2010 silam.

Acara dihadiri juga oleh Kabag Ren Polres Inhu, Kompol Dwi Kormal, Kasat Lantas AKP Rocky Junasmi, S.I.K, Kasat Samapta AKP Martius Ashairi, sejumlah Pejabat Utama (PJU) dan personel Polres Inhu, Polsek Peranap dan Polsek Kalayang. (Asrul Hadi)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *