Assisten I Setdakab Inhu Buka Musrenbang Kecamatan Kelayang

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi  SE diwakili Assisten I Setdakab Inhu, H. Sahrudin, S.Sos, M.Si membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Inhu di Kecamatan Kelayang, Senin 31 Januari 2022.

Musrenbang yang berlangsung dari pagi hingga sore hari ini, dihadiri unsur Forkopimcam, Kades, Ketua BPD, PKK, Tomas,Toga, Todat, dan Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Inhu serta tiga anggota DPRD Dapil 3 Inhu.

Assisten I Setdakab Inhu H Sahrudin, S.Sos, M.Si mengatakan, musrenbang adalah kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan mengawali tahun anggaran. Hasil musrenbang ini akan dibawa ke musrenbang Kabupaten dan akan dituangkan dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2023.

“Musrenbang RKPD dikecamatan, adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan ditingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan diwilayah kecamatan yang didapatkan pada masukan dari hasil musrenbangdes,” sebut Sahrudin. 

Masukan tersebut katanya, sekaligus sebagai dasar penyusunan rencana pembangunan kecamatan yang selanjutnya menjadi dasar penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) pada tahun 2023.

Dalam musrenbang yang mengangkat tema “Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul guna pemulihan ekonomi daerah”, prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2023 kata H Sahrudin difokuskan pada ; Peningkatan SDM unggul, Pemulihan ekonomi daerah, Pembangunan destinasi pariwisata, dan Peningkatan pembangunan infrastruktur. 

Ia berharap usulan-usulan yang sudah disampaikan masyarakat dan kadesnya dalam Musrenbang ini bisa terakomodir dengan baik.

“Dalam Musrenbang ini kita didampingi oleh masing masing OPD, mereka akan mencatat apa saja yang menjadi prioritas kegiatan. Saya berharap juga bisa memprogramkan kegiatan yang diusulkan oleh masyrakat dan kades, yang menjadi skala prioritas,” kata dia.

Sementara Camat Kelayang Rosmidah, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan, dalam kegiatan musrenbang ini, semoga usulan bisa diakomodir oleh Pemerintah Daerah baik melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Dalam musrenbangcam kali ini, ia membeberkan beberapa usulan prioritas perencanaan pembangunan Kecamatan Kelayang tahun 2023 antara lain, rehab gedung kantor camat Kelayang dan rehab rumah dinas camat Kelayang serta tempat parkir. Kemudian lanjutan pembangunan pasar rakyat Simpang Kelayang diantaranya, pembuatan drainase, RTH, dan paving blok.

Sementara, untuk perioritas masing-masing desa sudah diinput dalam aplikasi SPBD dan akan disampaikan oleh masing-masing desa dalam diskusi bersama OPD.

“Musrenbang kali ini masih di dominasi infrastruktur, diikuti bidang ekonomi, bidang sosial budaya, pendidikan serta lainnya. Kita berharap usulan ini bisa direalisasikan dalam skala perioritas”, pungkasnya.  

Dikesempatan itu, Camat Rosmidah, S.Sos juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Inhu atas pembangunan sarana fisik dan non fisik tahun 2021 di Kecamatan Kelayang berupa, pembangunan Pasar Rakyat Simpang Kelayang melalui dana APBD Inhu dan pembangunan Puskesmas Polak Pisang melalui dana APBN (DAK) yang kondisinya sudah siap dan saat ini sudah ditempati.

Kemudian ia menyampaikan progres pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Kelayang, dimana vaksinasi tahap I dengan sasaran 22.332 orang per 30 Januari 2022 sudah terealisasi 74 %. Sementara vaksinasi tahap II baru 36 %. Untuk anak umur 6 tahun-11 tahun sudah 57 % dengan sasaran 3.096 orang. Sedangkan vaksin booster masih rendah yakni diangka 1,20 % dari 22.332 sasaran, sebutnya. (Asrul Hadi)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *