Musrenbang RKPD 2023 Kecamatan Rakit Kulim Dibuka Wabup Inhu

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2023 di Kecamatan se-Kabupaten Indragiri Hulu kembali digelar di Kecamatan Rakit Kulim, Senin 31 Januari 2022.

Agenda kegiatan ini berlangsung dengan jadwal kegiatan yaitu Musrenbang Desa yang dilaksanakan pada Senin pagi 31 Januari 2022 bertempat di gedung serbaguna Kantor Camat Rakit Kulim.

Dalam acara yang menerapkan protokol kesehatan tersebut juga tampak hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Paino, SP, anggota DPRD Dapil III Inhu Chandra Saragih, Sekretaris Bappeda, Forkopimcam, kepala/perwaklian OPD di lingkup Pemkab Inhu, Ketua dan pengurus TP PKK Kecamatan Rakit Kulim, Kades dan Ketua BPD se-Kecamatan Rakit Kulim, Kepala UPTD dan Koordinator Lapangan Kecamatan serta tokoh/ perwakilan masyarakat lainnya.

Tema Musrenbang yang tercantum pada dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Inhu tahun 2023 yaitu “Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Unggul Guna Mendukung Pemulihan Ekonomi Daerah” yang difokuskan kepada peningkatan SDM, pemulihan ekonomi daerah, pengembangan destinasi wisata serta peningkatan pembangunan insfrastruktur.

Wakil Bupati Inhu Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si pada pembukaan Musrenbang dimaksud memaparkan bahwa Musrenbang kecamatan memiliki nilai yang strategis dalam kelangsungan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Indragiri Hulu.

Wabup Junaidi juga menyampaikan keyakinan dan kepercayaannya kepada komponen yang terlibat dalam forum tersebut dapat memberikan masukan yang berharga untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Inhu dan usulan-usulan yang disampaikan benar-benar dapat menyentuh kepentingan dan kebutuhan masyarakat, khususnya di Kecamatan Rakit Kulim.

Wabup mengimbau kepada kepala desa sesuai tema Musrenbang agar mengunggulkan empat progam unggulan yaitu Peningkatan SDM, Pengembangan Destinasi Wisata, Peningkatan Ekonomi Masyarakat serta Peningkatan Infrastruktur.

“Khusus di Kecamatan Rakit Kulim, terdapat 191 usulan dari 19 desa yang ada di Kecamatan Rakit Kulim,” kata Wabup.

Sementara Camat Rakit Kulim Fitrilison, S.PKP pada kesempatan tersebut memaparkan beberapa usulan dari desa diantaranya, mengenai sarana dan prasarana jalan yang sangat memerlukan perbaikan, terutama di Desa Talang Gedabu, Desa Talang Sungai Parit dan Desa Talang Sungai Limau, dengan jalur Desa Petonggan ke Lubuk Sitarak.

Adapun insfrastruktur lainnya yaitu dari sektor kesehatan diantaranya pengajuan rehap Pustu Desa Kampung Bunga, Pustu Desa Rimba Seminai, dan pengadaan ambulance di Desa Talang Pring Jaya. 

Sementara di sektor pendidikan diantaranya terdapat usulan penambahan ruang kelas jauh SDN 006 Petonggan serta ruang kelas jauh SDN 003 Desa Kota Baru. (Asrul Hadi)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *