Ketum PSI Giring Mundur dari Capres 2024, Netizen: Siapa yang Nyalonin

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha mengumumkan tak akan maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Pengumuman itu disampaikan Giring dalam sebuah konferensi pers yang digelar secara daring pada Kamis 24 Februari 2022 semalam.

“Maka hari ini dengan penuh kesadaran, saya Giring Ganesha Jumaryo mengumumkan mundur dari pencalonan presiden Republik Indonesia 2024,” kata Giring dalam unggahan video yang banyak beredar di media sosial.

Giring mengakui, sebelumnya ia memang memberanikan diri maju sebagai calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024. Adapun hal tersebut, merupakan wujud dari komitmen PSI sebagai partai yang terbuka di mana mempersilakan kader-kadernya maju sebagai pemimpin nasional dan daerah.

Giring juga menceritakan bagaimana ia berkeliling Indonesia mengupayakan niatnya maju sebagai capres.

“Saya bekerja dan berkeliling Indonesia untuk mewujudkan keinginan saya tersebut. Bertemu sebanyak mungkin rakyat dan tokoh-tokoh di berbagai provinsi dan kabupaten/kota,” jelasnya.

Namun, Giring kemudian mengurungkan niatnya ketika muncul wacana perpanjangan masa jabatan presiden dan dukungan terhadap Joko Widodo (Jokowi) untuk maju kembali dalam Pilpres.

Menilai wajar adanya wacana itu, Giring merasa bahwa Jokowi memang sosok pemimpin ideal sehingga mendapat tempat di hati masyarakat untuk diinginkan kembali menjabat presiden.

“Banyak sekali rakyat Indonesia yang ternyata masih menghendaki sosok Jokowi untuk memimpin Indonesia. Ini adalah fakta di lapangan sekaligus aspirasi masyarakat yang sangat menyukai Jokowi,” tutur dia.

Menyudahi keinginannya itu, Giring berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia dan para relawan yang bekerja untuk menjadikan dirinya sebagai capres.

Saat ini, Giring mengatakan dirinya dapat lebih fokus membangun PSI ke depannya setelah mengumumkan diri mundur dari pencalonan presiden.

Pernyataan tersebut disambut sinis netizen yang menilai sikap Giring sebagai dagelan politik latah. Padahal PSI sendiri pada Pemilu 2019 yang lalu tak mampu mendulang suara di atas 1 persen.

“Terkocak dalam Sejarah! Giring PSI Mundur dari Capres 2024, Padahal Sama Sekali Tak Ada yang Mencalonkannya. Netizen Pada Ngakak: Kocaknya Ngalahin Acara Lapor Pak.” tulis akun @abu_waras.

“Hahaha…emangnya sdh ada yg nyalonin Giring nyapres ..ah paling partainya doang ..itu jg paling 0,5 % yg nyalonin
Eh blm apa2 sdh mundur … jadi Rt ajah looo
Itu jggua yakin ga bakalan kepilih,” sambung @vivaldigi.

“Gue pikir yang mundur pak Mukijo. Tahunya yang mundur pak Jumariyo. Isa ae celokan dalam Superman. Maju nga pernah kok malah mundur,” timpal akun @panca66.

“mending balik nyanyi lagi aja ga sih,” ucap @susanhendriadi. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *