Menurun, Tinggal 4 Kecamatan di Pekanbaru Masih Zona Merah

zona merah
Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Walikota Pekanbaru Dr. H. Firdaus, S.T, M.T mengklaim bahwa kasus Covid-19 di daerah ini cendrung menurun. Ia menyebut bahwa kasus harian masih fluktuatif. Menurut Dinas Kesehatan, tinggal 4 kecamatan yang masih berstatus zona merah.

“Kasus harian kita memang fluktuatif, tapi sudah mengarah ke landai dan menurun. Kondisi saat ini jauh berbeda dibanding dua pekan lalu. Saat itu kasus terus merangkak naik terus setiap harinya,” kata Walikota Firdaus, Senin 7 Maret 2022.

Baca : Masuk Zona Merah Lagi, Pekanbaru Bakal Terapkan PSBM

Walikota mengatakan bahwa saat ini kasus fluktuatif tapi sudah mulai ada tren penurunan. Ia berharap terjadi penurunan kasus selama satu pekan ke depan. Ia berharap dalam satu pekan ke depan Kota Pekanbaru bisa turun kembali ke PPKM level 1.

Ia mengajak masyarakat untuk ikut dalam upaya menurunkan level PPKM di Kota Pekanbaru. Menurutnya, Pemko mengikuti instruksi Satgas nasional terkait ketersediaan ruang isolasi bagi pasien. Ia memastikan ruang isolasi rumah sakit pemerintah dan swasta sudah siaga.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, pihaknya mendata hingga Minggu 6 Maret 20222,kasus aktif Covid-19 sebanyak 3.141 orang. Dari empat hari terakhir tambahan kasus harian tertinggi hanya 200 kasus.

Sementara untuk pemetaan kecamatan, empat kecamatan masih berada pada zona merah atau tingkat resiko penularan tinggi dari total 15 kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru. Kecamatan ini meliputi, Binawidya, Bukit Raya, Marpoyan Damai dan Tenayan Raya.

“Lalu sembilan kecamatan berada pada zona oranye antaranya Kulim, Limapuluh, Payung Sekaki, Pekanbaru Kota, Rumbai, Sail, Senapelan, Sukajadi, dan Tuah Madani. Kemudian, ada dua kecamatan lainnya berada di zona kuning yakni Rumbai Barat dan Rumbai Timur. Untuk kecamatan zona hijau nihil,” jelas Zaini Rizaldy.

Sementara pada pemetaan per kelurahan, dari 83 kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru, 54 antaranya berada pada pada zona merah. Lalu 11 kelurahan berada pada zona oranye, 13 kelurahan berada dalam zona kuning, dan 5 kelurahan lain sudah zona hijau. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *