Bawaslu Hari Ini Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI secara resmi membuka pendaftaran Pemantau Pemilu. Pendaftaran tersebut dibuka dengan resmi mulai Jumat 10 Juni 2022. Demikian diungkapkan  Neil Antariksawan Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Hubal Bawaslu Provinsi Riau.

Menurut Neil pendaftaran pmantau Pemilu ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nonor 7 Tahun 2017.  Dengan telah diluncurkannya pendaftaran lembaga pemantau Pemilu ini, maka diharapkan kelompok masyarakat  atau organisasi yang berminat menjadi pemantau Pemilu dapat segera mendaftarkan diri di Bawaslu.

Pendaftaran pemantau pemilu kata Neil Antariksawan bisa dilakukan secara perorangan atau organisasi.

“Sekarang telah dilaunching secara nasional, kemudian bagi perorangan atau organisasi bisa mendaftar sebagai Pemantau Pemilu,” jelasnya kepada sejumlah wartawan di Pekanbaru.

Menurutnya masyarakat yang ingin terlibat dalam proses pemantauan Pemilu dapat mendaftar di Kantor Bawaslu Provinsi Riau, maupun di kabupaten/kota.

“Bawaslu akan menyiapkan help desk untuk melayani pendaftaran,” ujar Neil Antariksa.

Lebih lanjut Neil menyampaikan peran Pemantau Pemilu akan sangat dibutuhkan saat tahapan Pemilu 2024 akan dimulai 14 Juni 2022 ini.

“Jadi Pemantau Pemilu ini akan memantau proses tahapan pemilu yang akan berlangsung. Siapa saja boleh mendaftar nanti Bawaslu akan mengakreditasi, dilakukan verifikasi sesuai UU dan dan Peraturan Bawaslu,” ungkapnya.

Ia memberi catatan Pemantau Pemilu merupakan mitra penyelenggara Pemilu, namun untuk terkait pembiayaan kegiatan pemantauan itu merupakan biaya mandiri

Pemantau Pemilu pun tetap akan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan Bawaslu semisal untuk penguatan kapasitas kepemiluan dengan harapan bisa ikut memberi sosialisasi ke masyarakat.

Ditambahkan Neil Pemilihan Umum atau pemilihan legislatif dan Pemilihan presiden (Pilpres) diputuskan pemerintah akan dilaksanakan pada bulan Februari 2024 sementara Pemilihan Kepala Daerah dilaksanakan pada bulan November tahun 2024.***

Editor: Zulfilmani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.