Umum  

Kualifikasi Piala Asia 2023; Ini Syarat Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Saddil Ramdani ditempel ketat pemain Yordania (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Penentuan penyisihan grup kualifikasi Piala Asia 2023 akan berlangsung malam ini. Indonesia yang baru mengantongi poin tiga, bisa lolos dengan status masuk lima runner up terbaik dari enam runner up grup.

Sampai saat ini Indonesia masih tercatat sebagai runner up dengan posisi terendah. Dari enam runner-up yang terbentang dari Grup A sampai F, Timnas Indonesia menempati posisi enam. Jika kondisi ini bertahan hingga matchday pamungkas, skuad Garuda gagal lolos ke Piala Asia 2023.

Untuk lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur lima runner-up terbaik, ini syaratnya seperti analisa okezone.

1. Wajib Menang Lawan Nepal

Kunci lolos dimulai dari Timnas Indonesia sendiri. Indonesia wajib memenangkan laga terakhir melawan Nepal. Jika kalah atau hanya sekadar imbang, Timnas Indonesia dipastikan gagal lolos ke Piala Asia 2023.

Jika menang, poin Timnas Indonesia adalah enam angka. Poin enam ini berpotensi melewati raihan poin pesaing terdekat Timnas Indonesia di Grup A, Kuwait, hingga runner-up sementara Grup B, Filipina, yang kini mengemas empat poin.

2. Kuwait Gagal Menang Lawan Yordania

Jika Kuwait gagal menang lawan Yordania dan Timnas Indonesia menang atas Nepal, skuad Garuda otomatis menyegel posisi runner-up Grup A. Beda halnya jika Kuwait menang 2-1, 3-2, 4-3 atau seterusnya atas Yordania, Timnas Indonesia bakal terpental ke urutan ketiga.

Andai Kuwait menang atas Yordania, koleksi poin Yordania, Kuwait dan Timnas Indonesia identik yakni enam angka. Alhasil, dibuatkan klasemen mini untuk menghitung hasil pertemuan ketiga tim tersebut (laga kontra Nepal tak masuk hitungan).

Benar, selisih gol Kuwait, Yordania dan Indonesia sama-sama nol. Namun, Kuwait dan Yordania mencetak gol lebih banyak ketimbang Timnas Indonesia, sehingga Kuwait dan Yordania yang lolos ke Piala Asia 2023.

Karena itu, harapannya Kuwait gagal menang lawan Yordania. Dengan begitu, jalan Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023 lebih terbuka.

Berikut klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika Kuwait menang 2-1 atas Yordania:

1. Kuwait 3-3 = 6 Poin
2. Yordania 2-2 = 6 Poin
3. Indonesia 2-2 = 6 Poin

3. Berharap Filipina atau Malaysia Terpeleset

Di matchday pamungkas, Timnas Filipina yang kini mengoleksi empat angka bertemu pemuncak klasemen Grup B, Palestina, yang di matchday kedua menang 5-0 atas Yaman.

Jika Filipina gagal menang semisal hanya imbang lawan Palestina, otomatis Timnas Indonesia merebut status lima runner-up terbaik. Namun, dengan catatan, Timnas Indonesia menang atas Nepal dan Kuwait gagal menang kontra Yordania, atau jika pun Kuwait menang atas Yordania tak lebih dari 1-0.

Andai kondisi di atas terjadi, Timnas Indonesia dan Filipina bisa sama-sama lolos. Asalkan di laga lain, Malaysia yang kini menempati runner-up Grup E dengan tiga angka, gagal menang lawan Bangladesh.

Benar, Malaysia hanya bersua Bangladesh, tim yang selalu kalah dalam dua laga awal Grup E Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, jangan lupa, Bangladesh sempat menahan Timnas Indonesia 0-0 di laga uji coba pada Rabu, 1 Juni 2022 malam WIB. Jika hanya imbang kontra Bangladesh, Malaysia hampir pasti gagal lolos ke Piala Asia 2023.

Berikut klasemen sementara runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023 hingga matchday kedua:

1. Thailand (6 Poin, selisih gol +5)
2. Kirgizstan (6 Poin, selisih gol +3)
3. India (6 Poin, selisih gol +3)
4. Filipina (4 Poin, selisih gol +1)
5. Malaysia (3 Poin, selisih gol +1)
6. Indonesia (3 Poin, selisih gol 0)

Editor: Deandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.