Demokrat-PKB-PKS Digadangkan Bakal Bentuk Koalisi Pilpres, Apa Mungkin?

PKB, Demokrat dan PKS bakal bentuk koalisi untuk Pilpres 2024 (net)

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Setelah Golkar, PAN dan PPP membentuk Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk Pilpres 2024, berembus kabar, Partai Demokrat, PKB dan PKS juga akan deklarasi koalisi untuk Pilpres 2024.

Isu tiga partai ini bakal membentuk koalisi, setelah ketiganya intens menjalin komunikasi intens dalam beberapa waktu belakangan.

Pertanyaannya, apakah mungkin koalisi ini bakal tercipta untuk Pilpres 2024?

Wakil ketua umum PKB Jazilul Fawaid menegaskan kerja sama antara ketiga partai akan segera diumumkan kepada publik.

“Iya, pacaran, pengumuman pacaran. Publik supaya tahu dan menilai, ” kata Jazilul seperti dilansir CNNIndonesia.com.

Disebutkan, selain tiga partai ini, Demokrat, PKB dan PKS, partai NasDem sebenarnya bakal ikut dalam koalisi tersebut. Namun, ada sejumlah kemufakatan yang belum tercipta.

Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi belum mau bicara tegas mengenai koalisi dengan Demokrat dan PKB.

“Tunggu saja coming soon apa yang terjadi,” kata dia saat dihubungi.

Deputi Bappilu DPP Demokrat Kamhar Lakumani juga belum mau bicara banyak. Dia mengaku akan memberi informasi selepas rapat Bappilu pada Jumat sore nanti (17/6).

Koalisi antara Demokrat, PKB, dan PKS bisa mengusung capres-cawapres di Pilpres 2024. Berdasarkan UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu, kursi di DPR milik ketiga partai tersebut. sudah cukup untuk mengusung pasangan calon.

Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memiliki elektabilitas tertinggi jika dibandingkan kader PKB dan PKS. Nama AHY kerap masuk dalam 10 besar tokoh dengan elektabilitas tinggi sebagai capres atau cawapres di hasil survei sejumlah lembaga.

Survei Median yang diumumkan Maret lalu menyatakan elektabilitas AHY berada di urutan keempat setelah Prabowo Subianto, Anies Baswedan Ganjar Pranowo. Elektabilitas AHY sebesar 5,1 persen.

Hasil Survei Poltracking Indonesia juga menyatakan AHY memiliki elektabilitas keempat terbesar sebagai capres. Elektabilitas AHY 3,6 persen di bawah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan.

Editor: Deandra – sumber: cnnindonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.