Tidak Semua Buah Boleh di Jus, Kenapa?

Tidaksemua buah boleh di jus (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Bagi penyuka jus buah, mereka setiap melihat buah langsung saja di jadikan jus. Padahal dari segi kesehatan, tidak semua buah bagus dijadikan jus.

Kenapa? Ahli kesehatan menyebutkan, jika buah itu dibuat jus, kandungan nutrisi pada buah itu akan rusak. Padahal orang ingin mengkonsumsi buah karena kandungan nutris di buah itu.

Buah apa saja yang disarankan tidak boleh di jus? Berikut daftarnya:

1. Pisang

Pisang mengandung nutrisi penting seperti potasium, vitamin B6, vitamin C, magnesium, dan serat. Rasanya yang manis dan mudah dikonsumsi membuat pisang cocok dijadikan menu sarapan atau camilan sehat.

Anda tak disarankan untuk mengolah pisang, seperti dibuat jus. Pasalnya, pisang tidak memiliki cukup cairan di dalamnya.

2. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai salah satu sumber lemak tak jenuh yang sehat. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C, folat, dan kalium.

Sama seperti pisang, alpukat juga tak disarankan diolah menjadi jus. Pasalnya, alpukat memiliki konsistensi lembut dan tidak berair. Kondisi ini membuat alpukat sulit untuk mengeluarkan ekstrak jus.

3. Mangga

Jus mangga menjadi minuman segar saat cuaca panas. Tapi tidak disarankan dijadikan jus.

Buah mangga mampu meningkatkan sistem imun. Mangga juga bisa menjaga kesehatan pencernaan, hingga menurunkan risiko kanker.

4. Ceri

Ceri merupakan buah yang kaya serat, protein, vitamin A, dan vitamin C. Seperti buah beri lainnya, ceri juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab penyakit kronis.

Ceri tidak bagus di  jus karena teksturnya yang lembek dan kecil. Namun, Anda bisa menggunakannya sebagai pelengkap atau hiasan sebuah sajian.

5. Blueberry

Sebagai buah rendah kalori, blueberry cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, antioksidan, dan mineral. Anda bisa mengolah blueberry sebagai smoothie.

Editor: Deandra – Sumber: okezone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.