Siak  

Alasan Belum Terima Bantuan, Kepala Desa Ini Beri BLT kepada Warga yang Mampu

Penyaluran dana BLT di Kampung Olak Siak diprotes warga, karena salah sasaran, (antara)

LAMANRIAU.COM, SIAK – Pemerintah telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke desa-desa. BLT diberikan kepada warga miskin dan kurang mampu yang terkena dampak pandemic Covid-19..

Namun di Kabupaten Siak, penyaluran BLT kepada 93 warga Kampung Olak, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, mendapat protes dari warga setempat. Mereka menilai penerima adalah orang kaya, punya mobil, rumah besar, dan kebun sawit yang luas.
Protes warga itu disertai data nama penerima BLT salah sasaran. Diantaranya, Fitma dan M. Soleh punya mobil. Lalu ada Abdul Aziz dan Supri yang punya lahan sawit 3 dan 5 hektar. Supri juga memiliki rumah besar dengan satu unit mobil nangkring di garasi.

Ada juga kakak kandung Penghulu (kepala desa) Kampung Olak itu sendiri yang berprofesi sebagai guru.

Penghulu Olak, Zaiful Azim tidak membantah nama tersebut sebagai penerima BLT dana desa.

Zaipul beralasan memberikan bantuan ke warga desa yang mampu itu karena selama ini mereka belum menerima bantuan dari pemerintah. Selain itu, supaya bantuan tidak ganda dengan penerima bantuan lain.

“Orang ini orang asli Kampung Olak. Sudah sewajarnya juga untuk penerima bantuan BLT karena warga lainnya sudah mendapat bantuan seperti Program Keluarga Harapan, dan Bantuan Pangan Non Tunai,” kata Zaiful Azim seperti dilansir antara, Selasa, 28 Juni 2022.

Terkait yang punya mobil nama tersebut bekerja sebagai tukang langsir sawit. Kebetulan yang bersangkutan baru beli mobil. Sebelum data ini dimasukkan sebagai penerima BLT, belum punya kendaraan itu.

“Kalau yang Ibuk Fitma itu, anaknya yang bayar kredit mobil.Yang atas nama Supri dia membangun digadai di bank. Alasan dia membangun mau menyambut anaknya pesta supaya tak malu dan data ini kami masukan di waktu musyawarah kampung dia belum membangun.Kalau kakak kandung saya, saya kasih dia janda, penghasilan cuma berapa lah,” urainya.

Editor: Deandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.