Pesona Bunga Ageratum yang Menggoda dan Unik

bunga Ageratum

LAMANRIAU.COM – Ageratum (Ageratutum houstonianum) adalah salah satu jenis bunga yang cukup populer di luar negeri terutama Amerika. Tanaman bunga ini bahkan sengaja ditanam dalam jumlah yang banyak dalam taman tanam yang ada di New England.

Tanaman bunga yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Ageratum tumbuh pendek dengan bunga seperti kancing sertai bulu-bulu halus. Bunga yang paling banyak kita temukan berwarna biru walaupun ada jenis pink dan putih. Tanaman hias ini masih berkerabat dekat dengan tumbuhan bandotan.

Baca : Menanam Pohon Kersen untuk Peneduh

Perawatan tanaman hias ini mudah dan juga dapat tumbuh dengan pada baik pada cahaya matahari penuh maupun teduh. Tanaman bunga ini cocok masuk ke dalam pot.

Cara Menanam dan Merawat

Walaupun berasal dari luar negeri, tanaman hias bunga ageratum ini dapat tumbuh di Indonesia. Berikut tips dan cara menanam bunga unik satu ini dari biji.

Pertama, pilih benih bunga ageratum yang berkualitas. Biji dapat peroleh dari tanaman yang sudah tumbuh sebelumnya atau bisa juga dengan membelinya ke toko benih tanaman.

Selanjutnya, siapkan pot dan media tanam yang baik. Isi pot dengan media tanam yang telah bercampur pupuk kandang. Tekan media tanam dengan menggunakan tangan agar permukaannya menjadi halus.

Setelah itu, taburkan benih bunga ageratum atas media tanam. Benih membutuhkan cahaya untuk berkecambah maka tidak perlu tutup dengan tanah atau media tanam kembali.

Jika sudah, semprotkan media tanam dengan lembut atau bila perlu gunakan sprayer. Kemudian letakkan wadah dekat jendela agar tanaman bisa menerima caya matahari secara langsung.

Benih bunga ageratum akan mulai berkecambah seterlah berumur 5-10 hari dan siap pindah tanamkan ke pot tanam yang lebih besar.

Lakukan penyiraman pada tanaman bunga secara teratur agar pertumbuhan tanaman maksimal walaupun pada kenyataan tanaman ini toleran terhadap kondisi yang kering. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *